Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran, Ini Daftar Jalan Tol yang Beri Diskon Tarif

Sejumlah BUJT memberikan diskon tarif tol saat periode mudik. Berikut daftar jalan tol yang mendapat diskon tarif selama periode mudik Lebaran 2023:
Foto udara jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Trans Sumatra, di Lampung. Ruas tol ini kini menjadi nadi ekonomi penting yang menghubungkan Sumatra dan pulau Jawa./Bisnis - Abdullah Azzam
Foto udara jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Trans Sumatra, di Lampung. Ruas tol ini kini menjadi nadi ekonomi penting yang menghubungkan Sumatra dan pulau Jawa./Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah badan usaha jalan tol (BUJT) memberlakukan diskon tarif jalan tol selama periode mudik Lebaran 2023.

Pemberian diskon tarif tersebut diharapkan dapat membantu untuk memperlancar arus distribusi lalu lintas saat momen mudik Lebaran 2023.

Menteri BUMN Erick Thohir juga telah mengimbau dan mendorong agar BUJT di bawah naungan BUMN Karya dapat memberikan diskon tarif tol di jalur-jalur penting.

Sampai dengan saat ini, BUJT yang telah mengumumkan pemberian diskon tarif adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), dan PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP).

Berikut daftar jalan tol yang mendapat diskon tarif selama periode mudik Lebaran 2023:

1. Tol Jakarta-Cikampek

Jasa Marga akan memberikan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) selama periode mudik dan arus balik Lebaran 2023. 

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, diskon tarif tol sebesar 20 persen hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung. 

Diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan diberlakukan pada Minggu, 16 April 2023 hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB. 

Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik, yaitu pada Kamis, 27 April 2023 hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

“Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal,” ujar Subakti.

2. Tol Trans Sumatra

Hutama Karya memberlakukan diskon tarif pada dua ruas terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatra, yakni Bakauheni–Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menjelaskan bahwa diskon tarif tersebut akan berlaku pada puncak arus mudik, yaitu tanggal 16 April 2023-18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Sementara pada arus balik, pemberian diskon berlangsung pada 26 April 2023-28 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Diskon tarif di kedua ruas tol tersebut sebesar 20 persen, berlaku hanya untuk kendaraan yang melintas dengan jarak tarif terjauh, yakni kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan keluar di Gerbang Tol Kayu Agung atau sebaliknya. 

Diskon tarif yang akan diberlakukan dengan pembulatan kelipatan Rp500 diatur berdasarkan hitungan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT).

Dengan demikian, tarif yang dikenakan untuk kendaraan golongan I yang semula Rp289.000 menjadi Rp231.500 diskon sebanyak Rp57.500.

Kendaraan Golongan II dan III semula Rp433.000 menjadi Rp346.500, diskon sebanyak Rp86.500. Lalu, kendaraan golongan IV dan V semula Rp578.000 menjadi Rp462.500, diskon sebanyak Rp115.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper