Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Rute Tol Japek II Selatan Ini Dapat Jadi Alternatif saat Arus Balik Mudik

Jalan Tol Japek II Selatan akan dioperasikan secara fungsional untuk melayani arus balik mudik Lebaran 2023. Dua rute ini dapat menjadi opsi bagi para pemudik.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan bakal dibuka fungsional saat Lebaran 2023 - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan bakal dibuka fungsional saat Lebaran 2023 - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan untuk melayani arus balik mudik Lebaran 2023. 

Ada 2 opsi rute pada Tol Japek II Selatan paket 3 yang bakal diberlakukan oleh Jasa Marga, yakni rute Sadang - Kutanegara (8,5 kilometer/km) dan rute Sadang - Taman Mekar (28,5 km). 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Selasa (11/4/2023), pekerjaan konstruksi di sepanjang SS Kutanegara hingga Taman Mekar nyaris rampung meski kondisi jalan tampak belum selesai dirapikan. Namun, perjalanan angkutan darat tetap dapat dilalui dengan lancar. 

Dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menempuh perjalanan dari SS Kutanegara ke Taman Mekar dalam kondisi lalu lintas normal. Rute ini dapat menjadi alternatif bagi pengendara roda empat ketika arus balik pascamudik Lebaran mendatang. 

Jika pengendara memilih opsi rute Sadang - Kutanegara, maka nantinya akan keluar di jalan industri lalu masuk kembali melalui GT Karawang Barat (± 27 km). Sementara itu, jika memilih opsi rute Sadang - Taman Mekar, maka keluar di jalan raya pangkalan masuk kembali melalui GT Karawang Barat (± 16 km). 

Sebagai informasi, prediksi lalu lintas puncak balik pada tanggal 25 April 2023 (H+2), sebesar 178.000 kendaraan di KM 66 Japek atau naik 5 persen dari puncak arus balik tahun 2022 lalu sebanyak 170.000 atau naik 237 persen dari normal 2022 sebanyak 53.000 kendaraan. 

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa pada ruas tol fungsional ini dibuka secara situasional sesuai dengan diskresi kepolisian dan hanya untuk Gol 1 (Non Bus) untuk arah ke Jakarta.

Bagi pengendara yang menggunakan ruas Japek II Selatan ini diimbau untuk mempersiapkan kebutuhan, sebab ruas ini belum memiliki rest area. Meski demikian, Jasa Marga akan mempersiapkan kantong parkir untuk peristirahatan dan sejumlah toilet portable untuk pengendara. 

Direktur Utama Jasa Marga Japek II Selatan Charles Lendra mengatakan, untuk ruas tol yang masih operasi fungsional tidak akan dikenakan tarif.

"Untuk transaksi di sini tidak ada transaksi [SS Kutanegara], tidak ada tarif tol. Jadi dari gerbang tol awal sampai dengan Sadang itu yang akan dikenakan tarifnya, nanti juga ada gerbang temporary di atas jembatan Citarum itu ada transaksi yang meneruskan ke arah Taman Mekar," jelasnya.

Lebih lanjut, Charles menyampaikan jalur fungsional dapat berlaku pada siang dan malam hari untuk arus balik yakni di kisaran antara H+1 hingga H+10 Lebaran 2023. Namun, Charles belum memberikan keterangan waktu pasti terkait pemberlakuan jalur fungsional ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper