Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Pekan Ramadan, Transaksi Penjualan Fesyen di Tokopedia Meroket 7 Kali Lipat

Tokopedia mencatatkan kenaikkan signifikan transaksi penjualan produk fesyen selama dua pekan pertama Ramadan.
Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Platform belanja daring Tokopedia mencatat transaksi penjualan produk fesyen meningkat 7 kali lipat selama dua pekan pertama Ramadan dibandingkan hari biasa. 

Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa selain fesyen, produk otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman pun menjadi sejumlah kategori yang paling laris dibandingkan dwimingguan biasanya.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, pada momen bulan puasa atau Ramadan masyarakat cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan lewat kanal online. Menurutnya, sekitar 80 persen konsumen digital pun akan mempertahankan, bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023.

“Ada fesyen, otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya. Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” tutur Nuraini saat jumpa pers di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Dia mengatakan, pada kategori produk fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6 kali lipat, lebih dari 5 kali lipat, dan lebih dari 7 kali lipat pada dua minggu pertama Ramadan.

“Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan,” jelas Nuraini.

Pada kategori produk perawatan diri, Tokopedia pun mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat pada dua minggu pertama Ramadan.

"Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil, dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk otomotif,” kata Nuraini.

Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil, dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat.

Pada kategori produk rumah tangga, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan pada dua minggu pertama Ramadan.

“Bulan puasa tidak terpisahkan dari sahur dan berbuka, serta momen berbagi dengan kerabat maupun teman. Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2 kali lipat. Buah kurma bahkan peningkatan penjualannya tercatat lebih dari 3 kali lipat,” ujar Nuraini.

Selain itu, menjelang Lebaran tahun ini penjualan hampers lewat Dilayani Tokopedia naik 3,5 kali lipat

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan hyperlocal,” kata Nuraini.

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. “Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadan 2023,” ungkap Nuraini.

Menurutnya, ada pula inisiatif berpendekatan hyperlocal lainnya, yaitu Tokopedia NYAM!, yang membantu masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari penjual terdekat. Baik jumlah pembeli maupun transaksi melalui Tokopedia NYAM!, meningkat hampir dua kali lipat selama dua minggu pertama Ramadan 2023, dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I/2023

Untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Aktivitas operasional penjual, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan produk, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala jika dibutuhkan, akan Dilayani Tokopedia.

“Data Tokopedia menunjukkan, di dua minggu pertama Ramadan tahun ini dibandingkan tahun lalu, penjual yang memanfaatkan layanan berpendekatan hyperlocal, Dilayani Tokopedia, mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 2 kali lipat. Kami juga melihat bahwa transaksi parsel makanan lewat Dilayani Tokopedia meningkat hampir 3,5 kali lipat,” jelas Nuraini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper