Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Cetak Tiket Kereta Api dan Batas Waktu Maksimal Cetaknya

Berikut cara cetak tiket kereta api sebelum keberangkatan, dan batas waktu maksimal cetak tiket kereta agar tidak hangus.
Cara cetak tiket kereta/KAI
Cara cetak tiket kereta/KAI

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembangan layanan pada penumpang terlihat terus dilakukan oleh pihak perkeretaapian Indonesia. Salah satu hasilnya adalah dengan penyediaan mesin cetak tiket mandiri yang bisa digunakan oleh penumpang tanpa perlu bantuan petugas loket. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara cetak tiket kereta api.

Dengan adanya mesin cetak tiket mandiri ini penumpang tidak harus mengantri Panjang untuk mendapatkan tiket kereta yang diharapkan. Proses dan cara cetak tiket kereta api melalui mesin ini juga begitu mudah dan cepat, sehingga pengguna tidak akan merasa kesulitan meskipun baru pertama kali menggunakannya. 

Berikut cara cetak tiket kereta api dan batas waktu cetaknya:

1. Cara cetak tiket kereta api sebelum keberangkatan

  • Datang ke mesin CTM 
    Biasanya kamu akan dengan mudah menemukan mesin Cetak Tiket Mandiri ini di stasiun. Jika tidak ada, kamu bisa mencari di sarana umum lainnya. 
  • Masukkan kode booking dan data diri 
    Kamu akan melihat kolom isian kode booking atau pembayaran di layar utamanya. Masukkan kode booking atau nomor kode pembayaran yang sudah kamu dapat Ketika melakukan pemesanan tiket atau biasanya sudah tertera pada bukti transfer pembayaran. 
  • Mencari tiket yang sudah di pesan 
    Jika semua data yang dibutuhkan sudah terisi dengan benar, lalu klik cari. Selanjutnya di layar mesin akan terpampang informasi tentang data penumpang yang meliputi nama pemesanan, tanggal perjalanan, nama dan nomor kereta api serta lain sebagainya. Jika semua data sudah sesuai, tiket sudah siap dicetak. 
  • Cetak tiket
    Langkah terakhir semua informasi sesuai langsung klik cetak dan dalam hitungan detail mesin Cetak Tiket mandiri akan mengeluarkan tiket fisik pesanan kamu. Ambil tiket tersebut dan gunakan untuk check-in kereta sebelum keberangkatan. 

2. Batas waktu cetak tiket kereta api

Kamu perlu mengetahui bahwa ada waktu minimal dan juga maksimal untuk bisa menukarkan kode booking dengan tiket cetak. Untuk tiket keberangkatan ini bisa kamu cetak minimal seminggu sebelum jadwal keberangkatan keretanya. 

Sementara jika kamu lupa bisa juga mencetak tepat pada hari keberangkatan keretanya. Tetapi jangan lupa karena paling lambat hanya ada waktu 10 menit dari jadwal keberangkatan. Jadi kamu harus benar-benar bisa menggunakan mesin Cetak Tiket Mandiri karena jika melebihi waktu tersebut tiket akan hangus. 

3. Kelebihan menggunakan e-tiket kereta api

  • Fleksibel dan efisien 
    Penumpang tidak harus lagi mengantri di loket untuk mendapatkan tiket dan hanya perlu booking tiket lalu mengikuti panduan cara cetak tiket kereta api melalui CTM. Pemesanan atau booking tiket online sendiri bisa dilakukan 24 jam, sehingga bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan keinginan kamu. 
  • Tidak mungkin hilang 
    Berbeda dengan tiket fisik yang langsung kamu beli melalui tiket, dimana jika tiket ini hilang maka kamu tidak bisa menggunakannya lagi atau bisa menggunakannya lagi dengan biaya tambahan. Jika kamu menggunakan e-tiket, kamu tidak akan kehilangan tiket. Jika tiket fisik yang sudah kamu cetak hilang, kamu hanya perlu menunjukkan Salinan kode booking yang biasanya dikirim ke email kamu. 


Itulah cara cetak tiket kereta api dan batas waktu cetak yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper