Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Gelar Mudik Gratis 2023 untuk 10.000 Orang, Cek Syaratnya!

PLN menggelar mudik lebaran gratis pada tahun ini untuk 10.000 orang dengan jadwal keberangkatan 18 April 2023.
PT PLN (Persero) bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan Mudik Gratis Lebaran 2023 - Dok. PLN.
PT PLN (Persero) bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan Mudik Gratis Lebaran 2023 - Dok. PLN.

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan Mudik Gratis Lebaran 2023.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan untuk mudik gratis kali ini PLN menyediakan 10.000 kuota peserta. Jumlah tersebut diharapkan mampu membantu pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek dan beberapa kota besar yang ingin melakukan mudik.

Darmawan memaparkan keberangkatan mudik gratis ini tidak hanya dari wilayah Jabodetabek. PLN juga membuka keberangkatan mudik bersama dari Bandung, Surabaya dan Bali.

Khusus untuk keberangkatan dari Jabodetabek, Darmawan mengatakan tanggal keberangkatannya pada 18 April 2023, dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung dan Palembang.

"Mudik gratis merupakan agenda tahunan perseroan. Ini merupakan wujud kepedulian kami untuk pelanggan PLN yang ingin mudik dan berkumpul dengan keluarga merayakan hari raya bersama," kata Darmawan dikutip dari keterangan resminya, Kamis (30/1/2023).

Pendaftaran Mudik Gratis Bersama PLN 2023 hanya bisa dilakukan hanya melalui aplikasi PLN Mobile. Pendaftaran dibuka untuk dua tahap, tahap I pada 29-31 Maret 2023 dan tahap II pada periode 5-7 April 2023.

Darmawan menjelaskan, agenda kolaborasi dengan Kementerian BUMN tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat mudik dengan aman, nyaman dan lebih ramah lingkungan.

Dengan diadakannya mudik bersama ini, maka masyarakat pengguna kendaraan pribadi khususnya sepeda motor bisa beralih ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. Selain itu, dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi juga akan mengurangi emisi.

"Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman. Sehingga risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik bisa berkurang," ujar Darmawan.

Berikut cara pendaftaran peserta Mudik Bersama PLN 2023:

1. Peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi manapun.

2. Pendaftaran dilakukan melalui PLN Mobile. Peserta wajib mengisi data diri sesuai dokumen yang dilampirkan yaitu KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga) satu KK maksimal 4 orang.

3. Setiap peserta harus mentransfer uang jaminan sebesar Rp 100.000 per orang. Uang tersebut akan dikembalikan menjelang keberangkatan. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.

4. Pemudik balita terhitung 1 kursi dan wajib melampirkan akta kelahiran.

5. Tahapan pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi.

Jika kuota terpenuhi maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia di nomor 081389112628 (WA only).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper