Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota Mudik Gratis 2023 Naik Kapal Laut Tinggal Segini

Kemenhub melaporkan kuota mudik gratis 2023 naik kapal laut yang sudah terisi lebih dari 50 persen.
Ilustrasi mudik gratis Kemenhub naik kapal laut./ Dok. Kemenhub
Ilustrasi mudik gratis Kemenhub naik kapal laut./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah terisi lebih dari 50 persen hingga Minggu (26/3/2023) kemarin.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Hendri Ginting mengatakan hingga pukul 15.30 WIB hari Minggu kemarin, total kuota mudik gratis telah terisi sebanyak 2.768 motor dari total kuota 5.000 motor dan untuk penumpang berjumlah 6.306 orang dari total kuota 10.000 orang.

Secara rinci, dia menjelaskan untuk arus mudik rute Tanjung Priok - Tanjung Emas keberangkatan tanggal 15 April 2023 masyarakat yang sudah mendaftar sebanyak 273 motor dan 602 orang. Sedangkan untuk keberangkatan tanggal 17 April 2023 kuota yang sudah terisi sebanyak 1.089 motor dan 2.499 orang.

“Sementara itu, untuk arus balik dengan rute Tanjung Emas - Tanjung Priok, untuk keberangkatan tanggal 25 April 2023 sudah terisi 389 motor dan 932 orang sedangkan untuk keberangkatan tanggal 28 April 2023 terisi 1.017 motor dengan 2.273 orang penumpang,” jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Senin (27/3/2023).

Lebih lanjut, Hendri mengatakan pendaftaran tetap dilayani setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu. Hal tersebut merupakan komitmen dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan kapal laut.

Hendri memaparkan pendaftaran secara offline tetap dibuka pada hari libur karena masyakat yang ingin mendaftar dan verifikasi mungkin tidak dapat dilakukan karena bekerja pada hari kerja.

Sebagai informasi, Direktorat Jendral Perhubungan Laut pada tahun 2023 kembali mengadakan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.  Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis dilakukan secara online dan offline, untuk pendaftaran online melalui https://mudikgratis.dephub. 

Sedangkan, untuk pendaftaran offline dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat no 8 Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper