Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia U-20 Batal, Harapan Sandiaga Uno Dongkrak Pariwisata Kandas

Piala Dunia U-20 merupakan salah satu perhelatan internasional terbesar, sangat dinantikan oleh masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif.
Striker Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka/PSSI
Striker Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia batal menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023 ini. Keputusan ini diambil FIFA di tengah isu penolakan terhadap Tim Nasional (Timnas) Israel untuk berlaga di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, Piala Dunia U-20 merupakan salah satu perhelatan internasional terbesar, sangat dinantikan oleh masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif.

Persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 juga disebut sudah maksimal. “Salah satu event internasional terbesar, tapi ini yang pasti paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan kita persiapannya sudah maksimal,” kata Sandiaga  saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu malam (29/3/2023).

Meski belum ada perhitungan yang mendetail, dia memperkirakan akan ada 150.000 pergerakan wisatawan nusantara dengan adanya perhelatan ini. Sementara dari wisatawan mancanegara, diprediksi sebesar 10 persen hingga 20 persen dari total perkiraan wisnus. 

Namun demikian, perkiraan tersebut bisa saja berubah mengingat minat masyarakat Indonesia yang ingin menonton akan semakin tinggi jelang Piala Dunia U-20. 

“Jadi kalau kita lihat dari jumlah pertandingan dikalikan sekitar 30.000 hingga 40.000 penonton di setiap kali pertandingan, ini dampak akan sangat besar,” ungkapnya.

Sandiaga sendiri cukup optimistis pagelaran ini akan tetap berlangsung di Indonesia. Namun sayangnya, FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, setelah Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bertemu.

“FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan status tuan rumah Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” mengutip laman resmi FIFA, Rabu malam (29/3/2023).

Adapun tuan rumah pengganti akan diumumkan sesegera mungkin dan tidak ada perubahan dengan tanggal turnamen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper