Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Telur Bisa Tembus Rp32.000 per Kg! Bapanas: Demi Peternak

Bapanas menilai harga telur yang bisa melonjak hingga Rp32.000 per kg berdampak positif buat peternak.
Pedagang menunjukkan telur di Jakarta, Minggu (31/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pedagang menunjukkan telur di Jakarta, Minggu (31/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menghimbau para pedagang untuk tidak menjual telur dengan harga yang terlalu murah. Bahkan, harga telur di pasar tradisional DKI Jakarta bisa tembus hingga Rp32.000 per kg.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, harga telur sangat berpengaruh terhadap produktivitas para peternak. Jika harganya tak terlalu murah, para petani tidak akan kapok untuk memproduksi telur ayam.

“Saya cuma menghimbau supaya jangan terlalu murah, malah terbalik kalau telur. Kenapa? Supaya peternaknya itu nggak kapok produksi juga, kasihan,” kata Arief saat ditemui di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/3/2023).

Arief menjelaskan, selama tiga bulan terakhir, harga telur sempat turun sehingga membuat para peternak merugi. Dengan harga yang saat ini sudah mencapai Rp30.000 per kg, dia menilai hal tersebut dapat membantu peternak yang sempat merugi.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, harga telur ayam berada di kisaran Rp28.000 hingga Rp29.000 per kg. 

Salah satu pedagang telur, Ati (50) mengatakan, kenaikan harga sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu. Dia memperkirakan, harga telur akan terus naik hingga mencapai Rp30.000 per kg, terutama jelang Ramadan.

“Sekarang Rp28.000 per kg, sudah naik tiga harian. Bakal ada kenaikan biasanya sampai Rp30.000 per kg,” kata Ati.

Diakui Ati, naiknya harga telur bukan karena produksinya berkurang, tetapi memang harga di tingkat peternak meningkat.

Sementara itu, Ningsih (52) pedagang sembako, menjual telur di Rp29.000 per kg. Ningsih mengatakan, empat hari yang lalu harga telur masih Rp27.000 per kg.

“[Harga telur] Rp29.000 per kg, udah naik. Empat hari yang lalu Rp27.000 per kg,” ujarnya.

Menurutnya, harga telur jelang Lebaran akan kembali meningkat. Jika berkaca pada periode Lebaran tahun lalu, harga telur bisa saja tembus di kisaran Rp31.000 per kg hingga Rp32.000 per kg.

Ningsih mengaku tidak tahu penyebab naiknya harga telur saat ini. Pasalnya, persediaan telur dari peternak selalu ada, alias tidak berkurang.

Adapun berdasarkan harga Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, Jumat (17/3/2023) pukul 10.41 WIB, telur ayam ras segar tercatat naik 1,86 persen menjadi Rp30.100 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper