Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II Siapkan 6.231 Personel Bandara Selama Masa Angkutan Lebaran 2023

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyiagakan 6.231 orang personel di 20 bandara yang dikelolanya selama periode masa angkuta Lebaran 2023
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyiagakan 6.231 orang personel di 20 bandara yang dikelolanya untuk memastikan kelancaran operasional selama masa Angkutan Lebaran 2023.

Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid mengatakan, sebagian besar personel tersebut berada di Bandara Soekarno-Hatta guna memastikan kelancaran bandara dan penerbangan.

Jenis personel yang disiapkan, antara lain aviation security, BKO TNI - Polri, airport rescue & fire gighting, airport operation. Selanjutnya, AP II juga menyiagakan personel terminal inspection, customer service, serta digital service

“Kolaborasi juga dilakukan dengan stakeholder lainnya, seperti maskapai, ground handling dan operator transportasi darat,” ujar Wasid dikutip dari keterangan resminya, Selasa (14/3/2023).

Sementara itu, Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin menambahkan, pihaknya telah menetapkan rencana operasi untuk dijalankan pada 12 April - 3 Mei 2023 atau H-10 hingga H+10 Lebaran di 20 bandara yang dikelola untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik selama periode Angkutan Lebaran 2023. 

Dia memaparkan, Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2023 dilakukan untuk memastikan terpenuhinya aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, serta pemenuhan setiap regulasi di tengah periode tersibuk di sektor penerbangan nasional ini.

Sebagai bagian dari rencana operasi, AP II akan membuka Posko Angkutan Lebaran 2023 yang merupakan wadah koordinasi seluruh stakeholder bandara. 

Awaluddin menambahkan, AP II juga akan melakukan penyesuaian jam operasional bandara guna memenuhi pertumbuhan permintaan penerbangan. 

“Operasional bandara AP II sangat fleksibel, jam operasional akan kami sesuaikan untuk mengakomodir penerbangan termasuk extra flight menyusul Angleb 2023. Bandara AP II bisa beroperasi lebih pagi dan lebih malam untuk melayani pemudik," jelasnya.

Dia menjelaskan, Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu tetap beroperasi 24 jam setiap harinya, begitu juga dengan Bandara Halim Perdanakusuma yang dipersiapkan beroperasi 24 jam. Bandara-bandara tersebut diperkirakan akan menjadi yang paling sibuk selama Angkutan Lebaran 2023.

Adapun, AP II mengelola 20 bandara, yakni Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).

Kemudian, ada Bandara Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), dan Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper