Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan Kargo Udara : Mantan Petinggi Citilink di Balik RUS

Sejumlah sosok yang tak asing di bidang aviasi dan kargo berada di balik maskapai Raindo United Services (RUS).
Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik./Bisnis-Istimewa
Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik./Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Raindo United Services (RUS) menjadi maskapai penyedia layanan jasa kargo udara berbasis digital pendatang baru di Tanah Air. 

Raindo United Services saat ini telah mendapatkan Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal Kargo Luar dan Dalam Negeri pada 13 Desember 2022.

Rencananya, perusahaan itu akan membuka penerbangan perdana pada Juli 2023 untuk rute domestik yang meliputi Jakarta, Medan, Balikpapan, Makassar, dan Surabaya serta untuk rute internasional mencakup Singapura, Hong Kong, dan Guangzhou. 

Dibaliknya, ada sejumlah sosok yang tak asing di bidang aviasi dan kargo. Salah satunya, mantan Direktur Niaga dan Kargo Citilink yaitu Benny Rustanto.

Pendiri dan Komisaris PT Rusky Aero Indonesia mengatakan pada tahap awal operasi akan menggunakan 2 pesawat jenis Boeing 737-800BCF yang memiliki kapasitas angkut hingga 23 ton. 

"Dengan menyiapkan investasi awal hingga US$100 juta, Raindo United Services menawarkan solusi hambatan distribusi logistik udara yang umumnya panjang dan berlapis-lapis," ujarnya melalui keterangan resminya, Rabu (1/3/2023).

Menurutnya, proses panjang dari awal pengiriman hingga sampai ke tujuan akhir tentunya tidak jarang memberikan kerugian materiil dan immateriil kepada berbagai pihak mulai dari produsen hingga yang terutama konsumen.

Dia menargetkan bisnis kargo Raindo United Services di pasar Indonesia juga bisa berkembang di pasar regional Asia.

Tersedianya layanan Raindo United Services di kota-kota tersebut diharapkan bisa mendukung dan meningkatkan sektor logistik melalui konektivitas logistik udara secara digital antar pulau dan antar negara.

Perusahaan membidik berbagai mitra strategis terkait mulai dari pemerintahan perusahaan negara penyedia bahan bakar/avtur, big four konsultan keuangan dan valuasi, perusahaan lessor terbesar di dunia, penyedia jasa ground handling ternama di Indonesia serta perusahaan dan instansi pendukung lainnya.

Pesawat kargo tersebut juga telah dilengkapi sistem kargo termutakhir seperti fasilitas Unit Loading Device (ULD), tankoksigen hingga mesin pendingin untuk memastikan semua jenis komoditi mulai dari Perishable Product,General Cargo, Marine Product, Dangerous Goods and Live Animals terkirim dengan sempurna hingga ke tujuan akhir.

Untuk memperkuat layanan dan memastikan proses pengiriman berjalan efektif dan efisien, Raindo United Services juga menggandeng mitra insurtech untuk melindungi semua jenis komoditi.

Beny menyebut, perusahaan menyasar pelaku UMKM untuk semakin bersaing dengan mengatasi hambatan-hambatan yang selama ini ada seperti harga logistik yang tinggi, proses pengiriman yang tidak efisien, keterbatasan akses saluran distribusi dan-lain-lain.

Saat ini perusahaan telah menyediakan realtime tracking dari first hingga last mile dan dapat diakses secara mudah melalui aplikasi Raindo App yang dapat diunduh melalui app store dan play store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper