Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terdampak Pembangunan MRT, 3 Halte TransJakarta Direlokasi Sementara

Halte sementara dibangun untuk menggantikan Halte TransJakarta Mangga Besar, Halte Sawah Besar, dan Halte Harmoni.
Bus Transjakarta berada di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bus Transjakarta berada di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT MRT Jakarta (Perseroda) membangun sejumlah halte sementara bus Transjakarta di sepanjang area Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk seiring dengan kelanjutan pembangunan jalur MRT Fase 2A.

Ahmad Pratomo, Kepala Divisi Corporate Secretary MRT Jakarta, menjelaskan bahwa halte sementara telah disiapkan pada beberapa lokasi yang tidak jauh dari halte saat ini. 

Tiga halte sementara telah selesai dibangun untuk menggantikan Halte TransJakarta Mangga Besar yang berada di depan Grand Paragon, Halte Sawah Besar di depan Gajah Mada Plaza, dan Halte Harmoni di depan Duta Merlin.

Secara terperinci, sebanyak dua halte sementara telah disiapkan sebagai pengganti Halte TransJakarta Mangga Besar yang siap dioperasikan pada 25 Februari 2023. Halte sementara Mangga Besar pada sisi Jalan Hayam Wuruk berada di depan PT Sango Ceramics Indonesia dan Rumah Makan Garuda Hayam Wuruk (arah Blok M).

Selanjutnya, halte sementara Mangga Besar di sisi Jalan Gajah Mada berada di depan BCA KCU Gajah Mada (arah Kota).

“Sebagai pengganti Jembatan Penyebrangan Orang [JPO] Mangga Besar eksisting, pejalan kaki dapat mengakses halte sementara TransJakarta Mangga Besar sisi Hayam Wuruk dan Gajah Mada menggunakan pelican crossing, serta jembatan khusus pejalan kaki di atas sungai Ciliwung atau berada di depan Gedung Arsip dan Bank BNI,” jelas Pratomo melalui keterangan resminya, Kamis (23/2/2023).

Sementara itu, layanan halte eksisting TransJakarta Sawah Besar akan dipindahkan ke dua halte sementara yang siap beroperasi mulai 28 Februari 2023. Halte sementara Sawah Besar di sisi Hayam Wuruk di depan Jalan Kebon Jeruk VII (arah Blok M).

Kemudian, halte sementara Sawah Besar yang berada di sisi Jalan Gajah Mada tepat di depan Jalan Keselamatan (arah Kota).

Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara TransJakarta Sawah Besar menggunakkan pelican crossing serta jembatan kecil khusus pejalan kaki yang berada di depan Bank BNP Gajah Mada dan SPBU Pertamina Hayam Wuruk, sebagai pengganti Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Sawah Besar.

Sementara itu, pengganti halte eksisting TransJakarta Harmoni juga telah dibangun dan siap beroperasi mulai 3 Maret   2023. Halte sementara Harmoni Hayam Wuruk (arah Blok M) berada di depan Dunkin' Donuts dan Jalan Batu Ceper. Kemudian, halte sementara Harmoni pada sisi Jalan Gajah Mada di depan Gedung Pelni (arah Kota).

Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara TransJakarta Harmoni menggunakan pelican crossing yang berada, baik di Jalan Hayam Wuruk maupun Jalan Gajah Mada.

Pratomo menambahkan, pemilihan lokasi halte sementara TransJakarta Mangga Besar, Sawah Besar, dan Harmoni telah dikoordinasikan dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi Jakarta. 

Desain fisik keenam halte pengganti TransJakarta berikut akses pejalan kaki menuju ke dan dari halte telah memenuhi standar pelayanan minimum untuk Halte TransJakarta dan ramah terhadap penyandang disabilitas.  

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, penutupan ketiga halte Transjakarta itu berdampak pada layanan koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni). 

Dia juga menyebutkan, beberapa rute Transjakarta akan terdampak, antara lain Pantai Maju-Balai Kota (1A), Pulogadung-Rawa Buaya (2A), PGC-Harmoni (5C), Kampung Rambutan - Harmoni via Cempaka Putih (7E).

"Kami akan melakukan penyesuaian layanan atas penutupan tiga halte Transjakarta, antara lain halte Harmoni, halte Mangga Besar, dan halte Sawah Besar dalam menyediakan moda transportasi publik kepada pelanggan sehingga aktivitas masyarakat tetap berjalan ," katanya.

Khusus untuk halte Harmoni, Transjakarta akan mengalihkan pelanggan yang selama ini transit ke halte transit pengganti. Transjakarta juga akan menyiapkan rute-rute langsung ke beberapa halte, seperti Juanda, Monas, Kota, M.H. Thamrin, dan Bundaran HI. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengalihan rute layanan Transjakarta dapat diakses melalui https://linktr.ee/inforevitalisasitj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper