Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putaran Keempat ICA CEPA: RI Kanada Bahas Isu Penting Ini

Isu penting yang dimaksud antara lain liberalisasi perdagangan barang, perdagangan jasa, kerja sama teknis, standar, dan isu kelembagaan.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan - BISNIS-Annisa Kurniasari Saumi.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan - BISNIS-Annisa Kurniasari Saumi.

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dan Kanada melanjutkan progres persetujuan kemitraan ekonomi komprehensif (Indonesia – Canada Comprehensive Economics Partnership Agreement/ICA - CEPA) ke putaran keempat yang digelar di Bandung, 20 -24 Februari 2023.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Djatmiko Bris Witjaksono, mengatakan isu-isu penting yang selama ini sulit dinegosiasikan akan dibahas dalam perundingan tersebut.

“Putaran keempat ini merupakan pertemuan tatap muka pertama bagi Indonesia dan Kanada. Sejak putaran pertama tahun lalu, pertemuan selalu terbatas secara daring. Kami harap melalui pertemuan secara tatap muka proses perundingan akan berjalan lancar dan isu-isu penting yang selama ini sulit dinegosiasikan dapat segera menemukan titik terang,” ujarnya.

Isu-isu penting yang dimaksud antara lain liberalisasi perdagangan barang, perdagangan jasa, kerja sama teknis, standar, isu kelembagaan, dan  perdagangan nontradisional yang meliputi ketenagakerjaan, lingkungan, serta perdagangan inklusif.

Perundingan putaran keempat ICA–CEPA mempertemukan kembali 17 Kelompok Kerja dan 3 diskusi tim ahli untuk membahas berbagai isu perdagangan yang menjadi kepentingan Indonesia dan Kanada.

“Tahun ini, kami merencanakan empat putaran perundingan dengan harapan dapat tercapai kemajuan dan kesepakatan substansial di akhir tahun,” kata Djatmiko.

Djatmiko memimpin Tim Perunding Indonesia, sedangkan Associate Assistant Deputy Minister Trade Policy and Negotiations Global Affairs Kanada Aaron Fowler memimpin Tim Perunding Kanada.

Sebagai informasi, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertemu Menteri Perdagangan, Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional Kanada Mary Ng pada September tahun lalu.

Pertemuan tersebut dilangsungkan di sela-sela rangkaian kegiatan G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) di Bali. Kedua Menteri membahas strategi penyelesaian perundingan ICA–CEPA agar dapat segera diimplementasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper