Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Cibitung-Cilincing Rampung, Jalan Tol JORR 2 Segera Terhubung

Jaringan Jalan Tol JORR 2 yang digadang-gadang dapat mengurai kemacetan di tengah kota akan segera tersambung penuh.
Gerbang tol Telaga Asih di ruas tol Cibitung-Cilincing. - Bisnis/Andi M. Arief
Gerbang tol Telaga Asih di ruas tol Cibitung-Cilincing. - Bisnis/Andi M. Arief

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) telah menuntaskan pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan salah satu bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2.

Dengan diselesaikannya ruas tersebut, satu per satu bagian dari jaringan JORR 2 yang digadang-gadang dapat mengurai kemacetan di tengah kota akan segera tersambung.

Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik, Joko Noerhudha, menjelaskan pihaknya akan mengoperasikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing secara penuh dalam waktu dekat.

Dia menuturkan pengoperasian ruas tersebut hanya tinggal menunggu jadwal uji layak fungsi dan uji layak operasi yang rencananya dilakukan bulan depan.

"Kita ingin seluruh seksi beroperasi penuh pada April untuk memperlancar arus barang dan penduduk untuk keluar dan masuk Jakarta. Salah satu alternatif penting, jadi terkoneksi dengan JORR dan arteri Cilincing," ujarnya di Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Tollways, Ari Sunaryo, menjelaskan dalam studi kelayakan proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing, jumlah lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada ruas tersebut dapat mencapai 50.000 kendaraan per hari.

Pada saat pengoperasian Jalan Tol Cibitung-Culincing Seksi 1–Seksi 3, realisasi LHR baru mencapai sekitar 24.000 kendaraan per hari—26.000 kendaraan per hari.

Menurutnya jumlah kendaraan yang melintas masih rendah lantaran belum tersambungnya ruas Cibitung-Cilincing secara penuh. Kendati demikian, LHR pada Jalan Tol Cibitung-Cilincing tidak hanya bergantung pada faktor tersebut.

"Itu memang kondisinya masih belum optimal, itu kan pertama JTCC masih tanggung di Tarumajaya, kedua support ruas lain belum ada artinya JTCC bagian dari JORR 2, studi kelayakan dulu asumsinya JORR 2 sudah terkoneksi semua," ungkapnya.

Di lain pihak, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan seluruh ruas JORR 2 tersambung penuh pada tahun ini.

Adapun, Jalan Tol JORR 2 memiliki panjang 109,57 kilometer (Km) dari total 6 ruas yang dibangun. Beberapa ruas tersebut adalah Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dengan panjang 14 km, Jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11 km, Jalan Tol Serpong-Cinere 10,14 km.

Jalan tol yang juga terhubung sebagai bagian JORR 2 adalah Jalan Tol Cinere-Jagorawi sepanjang 14,64 km, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km, dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dengan panjang 34,76 km.

Pembangunan jalan tol yang menjadi bagian dari jaringan JORR 2 tinggal menyisakan beberapa ruas lagi yang tengah dalam tahap konstruksi.

BPJT tengah mengejar penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cinere-Serpong yang akan tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Selain itu, penyelesaian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan dikejar pada tahun ini agar dapat tersambung dengan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.      

Berdasarkan data monitoring BPJT per Februari 2023, perkembangan pembangunan Jalan Tol Cinere-Serpong telah mencapai 100 persen.

Sementara itu, pengerjaan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang menyisakan 2 seksi yakni Seksi 3A Kukusan-Krukut baru mencapai 98,8 persen dan Seksi 3B Krukut-Limo baru mencapai 64 persen.

Adapun, Ruas Cimanggis-Cibitung masih menunggu penyelesaian Seksi 2B Cikeas-Cibitung yang progresnya baru mencapai 71,3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper