Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Minta Jalan Tol JORR 2 Tersambung Penuh 2024, Begini Progresnya

Jokowi meminta agar pembangunan jalan tol yang menjadi jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) dikebut agar bisa tersambung pada 2024.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024) - Tangkapan layar Youtube Setpres.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024) - Tangkapan layar Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere seksi 2 Pamulang - Cinere - Raya Bogor hari ini, Senin (8/1/2024).

Jalan Tol ini merupakan bagian dari jaringan tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2 yang ditargetkan bisa tersambung penuh tahun ini.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebut Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang diresmikan pada hari ini memiliki total panjang ruas mencapai 14,8 kilometer dengan total biaya investasi yang dikeluarkan Rp4 triliun.

"Alhamdulillah pagi ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 kilometer dan total investasi yang dikeluarkan adalah Rp4 triliun," kata Jokowi di acara peresmian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, di Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024). 

Jokowi juga mengatakan bahwa jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek. Pasalnya, saat ini sudah ada tol lingkar dalam, JORR 1, JORR 2. 

"Jalan tol yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2 dan tadi saya tanyakan ke Menteri PUPR [ditargetkan] bisa diselesaikan kuartal II/2024," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Miftachul Munir, mengungkapkan bahwa usai diresmikan, Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 1 dan 2 ini masih belum dikenakan tarif.

Sementara itu, untuk Jalan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang terintegrasi dengan Tol Cinere-Serpong sudah dikenakan tarif terbuka sebesar Rp15.000 per 5 Januari 2024.

"Tarif Cinere-Jagorawi menggunakan tarif terbuka Rp15.000, yang Serpong-Cinere Seksi 1 dan 2 ini sementara dibahas nanti, setelah ada angkanya terbit SK Menteri, baru kita sampaikan," jelas Munir.

Munir memberi sinyal, Surat Keputusan Menteri PUPR terkait penerapan tarif Tol Cinere - Serpong akan diterbitkan pada 1-2 minggu ke depan.

Dengan dioperasikannya dua ruas tol tersebut, jaringan Tol JORR ditargetkan bakal mulai tersambung penuh pada awal kuartal II/2024.

"Tol JORR tersambung penuh April 2024, tinggal yang dari Cikeas yang ke Cibitung kan," pungkasnya.

Untuk diketahui, mengutip laman resmi BPJT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta / Outer Ring Road (JORR) 2 yang menghubungkan kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta - Bogor - Depok - Tanggerang - Bekasi).

Jaringan JORR 2 memiliki total 6 ruas tol yang saling tersambung. Jaringan Tol ini melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yang sudah operasional.

Berikut daftar ruas tol JORR 2:

1. Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran 4,19 Km (Beroperasi penuh)

Seksi I Kunciran – Tirtayasa (2,04 Km)
Seksi II Tirtayasa – Benteng Betawi (3,52 Km)
Seksi III Benteng Betawi – H.Sastranegara (6,57 Km)
Seksi IV H.Sastranegara – SS Benda (2,06 Km)

2. Jalan Tol Kunciran - Serpong 11,14 Km (Beroperasi penuh)

Seksi 1 Kunciran - Parigi (6,72 km)
Seksi 2 Parigi-Serpong (4,42 km)

3. Jalan Tol Serpong - Cinere 10,14 Km (Beroperasi Penuh)

Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC (6,5 Km) 
Seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC (3,64 Km)

4. Jalan Tol Cinere - Jagorawi 14,89 Km (Beroperasi Penuh)

Seksi 1 Jagorawi - Raya Bogor (3,70 Km)
Seksi 2 Raya Bogor - Kukusan (5,50 Km)
Seksi 3A Kukusan -  Junction Krukut (3,50 Km)
Seksi 3B Junction Krukut - Cinere (2,19 km)

5. Jalan Tol Cimanggis - Cibitung 26,18 Km (Beroperasi Sebagian)

Seksi 1A Junction Cimanggis - Jatikarya (2,75 Km) sudah beroperasi
Seksi 2A ruas Jatikarya - Cikeas (3,78 Km) sudah beroperasi
Seksi 2B ruas Cikeas - Cibitung (19,65 Km) dalam penyelesaian konstruksi

6. Jalan Tol Cibitung - Cilincing 34,39 Km (Beroperasi penuh)

Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih (2,65 Km) 
Seksi 2 dan 3 Telaga Asih - IC Tarumajaya (24,45 Km)
Seksi 4 ruas IC Tarumajaya - JC Cilincing (7,29 km)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper