Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia Indonesia Akan Tambah Frekuensi Terbang Ke Silangit

PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) akan menambah frekuensi penerbangan ke Silangit untuk mendukung perhelatan F1 Powerboat.
Pesawat AirAsia lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Indonesia, Senin (29/12/2014)./Bloomberg-Dimas Ardian
Pesawat AirAsia lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Indonesia, Senin (29/12/2014)./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, CENGKARENG – PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) bersiap menambah frekuensi penerbangan menuju Silangit, Sumatera Utara seiring dengan status Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga memaparkan perusahaan mulai membuka rute penerbangan ke Bandara Silangit untuk mendukung perhelatan F1 Powerboat yang akan diselenggarakan pada 25 – 26 Februari 2023. Saat ini AirAsia mengoperasikan rute Jakarta – Silangit dengan frekuensi 1 kali setiap hari atau 7 kali seminggu.

“Penambahan frekuensi penerbangan juga sejalan dengan rencana kami untuk menambah armada operasional hingga 32 pesawat pada 2023,” jelasnya saat ditemui usai acara Peluncuran Livery Terbaru “Lake Toba & Beyond” di Hanggar 4 GMF AeroAsia, Soekarno-Hatta, Jumat (17/2/2023).

Menurutnya, rute Jakarta – Silangit memiliki potensi yang baik dengan kehadiran Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas yang dicanangkan pemerintah. Selain itu, keingingan masyarakat untuk berwisata saat ini juga cenderung tinggi setelah ditekan selama masa pandemi virus Covid-19.

Selain itu, perusahaan juga menilai rute ini memiliki potensi yang besar mengingat tingginya keingingan penyelenggara untuk membuat sebuah acara di Danau Toba. Hal tersebut juga didukung dengan fasilitas pariwisata dan perhotelan di sekitar Dana Toba yang semakin berkembang.

Vera memaparkan minat masyarakat terhadap rute Jakarta – Silangit sangat positif sejak dibuka beberapa waktu lalu. AirAsia mencatat tingkat okupansi rute ini mencapai kisaran 85 persen – 90 persen.

Lebih lanjut, AirAsia Indonesia juga akan menambah rute domestik dan internasionalnya secara bertahap. Meski demikian, Vera belum dapat memberikan rincian secara pasti terkait penambahan rute ini.

“Rute – rute barunya akan kami sampaikan selanjutnya. Ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam meningkatkan konektivitas di Indonesia melalui penerbangan udara,” pungkasnya.  

Adapun, pada hari ini AirAsia Indonesia juga resmi merilis desain corak (livery) pada badan pesawat AirAsia dengan tema Lake Toba and Beyond. Livery tersebut dilukiskan pada salah satu pesawat AirAsia berjenis Airbus A320 – 200 dengan kode PK – AZR.

Vera memaparkan peluncuran livery Danau Toba merupakan bentuk dukungan AirAsia untuk Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas dan juga penyelenggaraan F1 Powerboat. Dia mengatakan pesawat dengan livery khusus tersebut akan terbang ke seluruh rute domestik dan internasional AirAsia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper