Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia Kirim Bantuan Buat Korban Gempa Turki

Garuda Indonesia (GIAA) turut terlibat membantu korban bencana gempa Turki dengan mengirim 120 orang tenaga kesehatan serta 20 ton logistik.
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) turut terlibat membantu korban bencana gempa  Turki dengan mengoperasikan penerbangan kemanusiaan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan perusahaan menerbangkan sedikitnya 120 orang   tenaga kesehatan serta 20 ton bantuan kemanusiaan yang terdiri dari kebutuhan logistik dan kebutuhan tanggap bencana. Adapun bantuan ini diinisiasi oleh pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk korban gempa di Turki. 

Penerbangan kemanusiaan tersebut dilayani dengan armada Airbus A330-300 dan merupakan penerbangan pertama dari dua penerbangan kemanusiaan pemerintah Indonesia ke Turki yang rencananya akan diangkut oleh Garuda Indonesia.  

Penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (13/2/2023) menuju Bandara Internasional Adana Sakirpasa, Turki melalui Jeddah. Penerbangan bernomor GA 7980 tersebut diberangkatkan pada hari ini pukul 09.00 WIB dan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada pukul 15.20 waktu setempat.

“Selanjutnya, pesawat akan diberangkatkan dari Jeddah pada pukul 16.50 waktu lokal dan direncanakan akan tiba di Bandara Adana Sakirpasa pada pukul 19.50 waktu setempat,” ujar Irfan dalam keterangan resminya, Senin (13/2/2023).

Irfan mengatakan penerbangan tersebut merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk senantiasa menjalankan mandat sebagai national flag carrier untuk mendukung penuh solidaritas antarnegara khususnya dalam menjalankan misi kemanusiaan. 

Pelayanan penerbangan kemanusiaaan dinilai memiliki arti tersendiri bagi GIAA sebagai national flag carrier untuk dapat terus menjaga mandat kami dalam berkontribusi menjaga  nilai-nilai kebangsaan. Selain itu, Garuda Indonesia juga menjadi garda terdepan untuk mewujudkan kepedulian bangsa Indonesia kepada rakyat Turki melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman.

Adapun, Irfan memaparkan prosedur pemberangkatan tenaga kesehatan dan bantuan logistik tersebut telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara.  

Irfan juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang secara intensif mendukung kelancaran seluruh proses penerbangan kemanusiaan sehingga dapat terealisasi secara optimal. 

“Sinergi bersama dalam misi kemanusiaan ini, kami yakini tidak hanya menjadi upaya berkelanjutan dalam mendukung hubungan bilateral yang telah terjalin dengan solid, namun juga menjadi representasi penting dalam menyuarakan pesan kemanusiaaan antarnegara ditengah situasi gempa Turki,” tutup Irfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper