Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Apartemen Lesu, Triniti Land (TRIN) Justru Cuan Rp237,7 Miliar

Peningkatan pendapatan TRIN tersebut berkat larisnya penjualan apartemen Collins Boulevard di Kota Tangerang.
Triniti Land/Istimewa
Triniti Land/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- PT Perintis Triniti Properti Tbk. (TRIN) mencatat pendapatan dari apartemen garapannya  mengalami peningkatan 36 persen sepanjang 2022. 

Corporate Secretary Triniti Land, Riska Afriani, mengatakan peningkatan tersebut berkat larisnya penjualan apartemen Collins Boulevard di Kota Tangerang. Hal ini terlihat dari perolehan marketing revenue di proyek tersebut sebesar Rp237,7 miliar. 

"Kinerja apartemen di tahun 2022 untuk Triniti Land cukup baik, sementara pendapatan Collins Boulevard di tahun 2021 yakni sebesar 174,8 miliar," kata Riska kepada Bisnis, dikutip Selasa (14/2/2023). 

Menurut Riska, peningkatan tersebut didorong penurunan kasus Covid-19 dan strategi perusahaan yang dirancang dengan matang. Dia meyakini sektor apartemen akan membaik pada  2023. 

Keyakinan tersebut datang dari terlaksananya penjualan dan serah terima apartemen Collins Boulevard sejak Agustus 2022 lalu, sehingga memicu peningkatan kepercayaan masyarakat. 

"Saat ini, proyek apartemen kami yakni Collins Boulevard memiliki kontribusi terbesar bagi pendapatan Perseroan, sehingga TRIN dapat membukukan laba positif sebesar Rp1,59 miliar pada periode September 2022," jelasnya. 

Di sisi lain, sektor apartemen masih mengalami tekanan akibat oversupply, pergeseran tren hunian vertikal ke landed house pasca pandemi, dan persepsi negatif masyarakat terkait apartemen yang pembangunannya memakan waktu lama. 

Menghadapi tantangan tersebut, Triniti Land terus berupaya mengambil perhatian masyarakat dengan melakukan serah terima tepat waktu. 

Riska menerangkan sejumlah apartemen milik Triniti Land yang sudah selesai dan diserahterimakan sebelumnya seperti Brooklyn, Yukata Suites, The Smith dan Springwood Residences serta Collins Boulevard. 

"Hal ini juga untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Perseroan sehingga hal ini mempengaruhi branding Perseroan," terangnya. 

Terkait dengan persepsi negatif masyarakat yang khawatir proyek mangkrak, Riska tak memungkiri bahwa hal tersebut menjadi pertimbangan berat konsumen. Namun, dia meyakini konsumen akan kembali memupukkan kepercayaan ketika melihat developer yang ada di balik pembangunan suatu proyek. 

Sebagai informasi, TRIN berhasil membukukan marketing revenue sebesar Rp948,09 miliar hingga akhir 2022. Angka tersebut naik sebesar 91,9 persen dibandingkan dengan pencapaian marketing revenue sepanjang tahun 2021 sebesar Rp494,05 miliar. 

Pada tahun ini, Triniti Land berencana untuk ekspansi dengan mengembangkan beberapa proyek di luar Tangerang seperti Sequoia Hills di Sentul, Holdwell Business Park di Lampung dan TanaMori di Nusa Tenggara Timur. 

"Triniti Land akan mulai berfokus ke rumah tapak, hunian dengan akses lokasi strategis dan modern business park," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper