Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tinggal Kenangan, Berikut 6 Daftar Restoran yang Tutup, Ada Warunk Upnormal!

Ditutupnya sejumlah gerai Warunk Upnormal dan Wendy’s beberapa waktu lalu menambah daftar panjang restoran tutup di Indonesia.
Warunk Upnormal - Instagram @warunk_upnormal.
Warunk Upnormal - Instagram @warunk_upnormal.

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 telah menyebabkan sejumlah restoran dalam negeri memilih untuk menutup beberapa gerainya untuk menyelamatkan gerai yang masih ada. Bahkan, beberapa diantaranya harus gulung tikar.

Ditutupnya sejumlah gerai Warunk Upnormal dan Wendy’s beberapa waktu lalu menambah daftar panjang restoran tutup di Indonesia. Warunk Up diketahui menutup beberapa gerainya, salah satunya Warunk Up di Renon, Bali yang resmi ditutup pada 31 Oktober 2022.

Wendy’s, restoran cepat saji asal AS yang kini diambil alih oleh Trans Corp, anak perusahaan CT Corp, juga resmi menutup salah satu gerai di Pondok Indah Mall (PIM) pada awal Januari lalu. 

Selain Warunk Up dan Wendy’s, ternyata sudah ada beberapa restoran yang lebih dulu menutup gerainya. Siapa saja? Berikut ulasannya.

Daftar Restoran Tutup Gerai

Warunk Upnormal

Bisnis f&b milik Rex Marindo ini menjadi perbincangan hangat. Awalnya, sebuah video YouTube milik Adam Vestrea membahas mengenai alasan banyak gerai Warunk Up bangkrut dari sudut pandangnya. Video tersebut kemudian di screenshot dan diunggah kembali oleh seorang warganet ke akun Twitter @FOODFESS2.

“Kalian pernah makan di warunk up ga fess? Gimana menurut kalian??” cuitnya, dikutip Senin (6/2/2023).

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Warunk Up telah menutup beberapa cabangnya di Renon, Bali, Palembang, Karawang, dan Depok.

Bisnis telah mencoba untuk menghubungi manajemen Warunk Up. Namun sampai artikel ini diberitakan, manajemen Warunk Up belum memberikan informasi apapun terkait penutupan sejumlah gerainya.

Wendy’s

Wendy’s resmi menutup outletnya di PIM pada 13 Januari 2023. Informasi tersebut diumumkan manajemen Wendy’s melalui akun Instagram resmi @wendysindo.

“Dengan berat hati kami akan menutup layanan kami di Pondok Indah Mall mulai hari Jumat, 13 Januari 2023 pukul 22.00 WIB,” ujar manajemen Wendy’s, dikutip Senin (6/2/2023).

Pihak Wendy’s pun mengucapkan terima kasih atas kebersamaan dan momen dengan para pelanggan yang pernah berkunjung ke outlet Wendy’s PIM.

Restoran Fish & Co

Pada 31 Desember 2022, Fish & Co resmi menutup puluhan geainya di Jakarta, Bali, Bekasi, dan Yogyakarta setelah 19 tahun hadir di Indonesia. 

Selain mengumumkan tanggal penutupan, manajemen Fish & Co juga mengucapkan salam perpisahan dan terima kasih kepada semua pelanggan mereka.

Fish & Co juga mengumumkan bahwa GF Culinary telah mengakhiri hubunganya dengan Fish & Co. Perlu diketahui, GF Culinary merupakan grup perusahaan makanan dan minuman yang didirikan oleh Henky Rusli.

McDonald’s

Mundur ke beberapa tahun sebelumnya, tepatnya di 2020, McDonald’s memutuskan untuk menutup gerainya di Sarinah, Jakarta, dan Kuta, Bali. 

McDonald’s Sarinah tutup permanen pada 10 Mei 2022, sementara McDonald’s Kuta tutup pada 29 September 2022.

Lotteria

Gerai makanan cepat saji asal Korea Selatan ini resmi menutup permanen seluruh gerainya pada 29 Juni 2020. Manajemen Lotteria menutup 32 gerainya yang berlokasi di Jabodetabek, Cikarang, Karawang, dan Bandung.

“Terima kasih atas kepercayaan Lotteria selama 9 tahun ini, banyak kenangan manis yang kita lewati bersama di Lotteria,” tulisnya di akun Instagram @lotteriaindonesia, dikutip Bisnis pada Sabtu (20/6/2020).

Kini, akun tersebut sudah dihapus. Sebagai informasi, Lotteria adalah anak usaha dari Lotte Group asal Korea Selatan. Menu utamanya adalah ayam goreng dan burger yang disajikan dengan saus khas negeri ginseng, ditemani dengan bola ubi manis, chicken gangjong, dan kol pop chicken sebagai hidangan pendamping.

Marché Mövenpick

Restoran dengan sajian khas Eropa ini resmi menutup permanen seluruh gerainya pada 30 September 2020. Sejak 2009, Marché Mövenpick telah membuka tiga cabang di tiga mal yaitu Grand Indonesia, Plaza Senayan, serta Lippo Mall Puri.

Tema yang diusung oleh restoran ini adalah open kitchen atau dapur terbuka, sehingga pelanggan bisa menyaksikan secara langsung proses memasak yang dilakukan oleh koki. Adapun akun instagram resminya @marcheindonesia sudah dihapus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper