Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinterest PHK 150 Karyawan! Susul Google, Amazon, dan Facebook

Pinterest akhirnya melakukan PHK terhadap 150 karyawan. Langkah pemangkasan ini sudah dilakukan Google, Amazon, bahkan Meta atau Facebook.
Aplikasi pencarian online Pinterest/JIBI
Aplikasi pencarian online Pinterest/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Platform pencarian digital Pinterest Inc. melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 150 karyawan. Pinterest menjadi salah satu perusahaan teknologi yang memangkas biaya di tengah masa sulit, seperti Google, Amazon, hingga Meta (Facebook)

Manajemen Pinterest Inc. mengumumkan kepada karyawan yang terkena dampak PHK pada Rabu (1/2/2023). Langkah tersebut memengaruhi kurang dari 5 persen dari total pekerja Pinterest. Informasi tersebut didapat Bloomberg dari salah satu sumber yang enggan disebut namanya. 

"PHK datang dari tim di seluruh perusahaan yang berbasis di San Francisco, meskipun tidak semua terpengaruh pada tingkat yang sama," kata sumber tersebut dikutip dari Bloomberg, Kamis (2/2/2023).

Seorang juru bicara Pinterest mengkonfirmasi adanya PHK karyawan. Pinterest memiliki sekitar 4.000 karyawan pada akhir kuartal III/2022.

Menurutnya, Pinterest sedang membuat perubahan organisasi agar bisa untuk memenuhi prioritas perusahaan dan strategi jangka panjang.

“Karyawan adalah inti dari bagaimana kami dapat melayani user Pinterest di seluruh dunia. Semua karyawan yang terkena dampak berkontribusi pada Pinterest dan saat mereka bertransisi, kami berkomitmen untuk mendukung mereka dengan paket pemisahan, manfaat, dan layanan lainnya," ujar juru bicara Pinterest.

Pinterest akhirnya bergabung dengan berbagai perusahaan teknologi yang telah terlebih dahulu melakukan PHK karyawan dalam beberapa bulan terakhir.

Amazon.com Inc., Microsoft Corp., Meta Platforms Inc (Facebook). dan induk Google Alphabet Inc. semuanya telah mengumumkan PHK ribuan karyawan dalam beberapa waktu terakhir.

Daftar Perusahaan Teknologi yang PHK Karyawan

Berdasarkan data Trueup.io, Kamis (2/2/2023), tercatat sebanyak 214 kasus perusahaan teknologi melakukan PHK terhadap 75.017 karyawan pada awal 2023.

Data PHK di Perusahaan Teknologi
Nama Perusahaan Jumlah Karyawan yang Kena PHK 
Amazon 18.000
Alphabet (Google) 12.000
Microsoft  10.000
Salesforce 8.000
IBM 3.900
Wayfair 1.750
Sticth Fix 1.584
Lam Research 1.300
Capital One 1.100
Coinbase 950
Spotify 600
Luno 336
Unity Software 284
Silvergate Capital 200
Uber Freight 150
Pinterest 150
Vimeo 135
Blockchain.com 110
Consensys 96
Genesis 60

Sumber: Bloomberg, diolah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper