Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 8 Gerai Ritel Modern yang Tumbang, Terbaru Ada Transmart!

Selain Transmart, beberapa gerai ritel modern telah menutup sebagian atau seluruh bisnisnya di Indonesia. Ini daftarnya.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.

Bisnis.com, JAKARTA - Dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM nyatanya tak lantas membuat performa sejumlah bisnis ritel modern di Indonesia bangkit kembali ke masa sebelum pandemi Covid-19.

Terbaru, ritel modern milik Chairul Tanjung yaitu Transmart terpaksa menutup beberapa gerainya untuk efisiensi dan kesehatan seluruh toko yang tersisa.

Selain Transmart, sejumlah peritel modern sudah lebih dulu menutup gerainya, bahkan gulung tikar akibat perubahan gaya hidup masyarakat dan tekanan pandemi Covid-19. Lantas ritel modern mana saja yang sudah menutup sebagian bahkan seluruh gerainya?

Berikut daftar gerai ritel yang tutup di Indonesia:

1. ACE Hardware

PT Ace Hardware Tbk. resmi menutup dua gerainya pada Desember 2021 lantaran masa sewanya sudah berakhir. Berdasarkan catatan Bisnis, gerai yang ditutup tersebut adalah gerai Ace Hardware di Pasaraya Blok M, Jakarta dan di Marvel City Mall, Surabaya, Jawa Timur. 

Kendati demikian, Ace Hardware berencana untuk menambah 10 hingga 15 toko di tahun ini. Head of Corporate Communications Ace Hardware Indonesia, Melinda Pudjo, mengatakan, pihaknya juga akan melanjutkan inovasi dalam menghadirkan produk dan layanan yang kreatif guna mencapai pertumbuhan kinerja.

2. Giant

Giant resmi menutup seluruh gerainya di Indonesia pada Juli 2021, setelah PT Hero Supermarket Tbk. selaku perusahaan pengelola mengumumkan berakhirnya operasional ritel dengan format hypermarket tersebut pada Mei 2021.

“Sesuai dengan pengumuman yang telah disampaikan sebelumnya, seluruh gerai Giant berhenti beroperasi pada akhir Juli 2021,” ujar head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk. Diky Risbianto. 

Gerai Giant sendiri mulai ditutup secara bertahap sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Direksi PT Hero Supermarket Tbk. kala itu menuturkan, langkah tersebut diambil untuk memastikan perseroan bisa bersaing dengan efektif dalam bisnis ritel makanan di Indonesia. 

3. Centro

Status pailit yang disandang Pengelola Centro Department Store PT Tozy Sentosa sekaligus mempertegas mundurnya Centro dari Indonesia. Adapun pada Maret 2021, pegawai ritel Centro Ambarukmo Plaza terlihat berpamitan dengan warga Yogyakarta.

Dalam video yang diunggah akun Twitter @JogjaUpdate, sejumlah manajemen Centro mengucapkan salam perpisahan.

“Kami seluruh karyawan Centro Plaza Ambarukmo mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jogja yang sudah menemani kami selama 15 tahun ini,” kata salah satu tim manajemen Centro.

4. Matahari

PT Matahari Department Store Tbk. dikabarkan menutup 13 gerainya di 2021. Adapun sepanjang 2020, Matahari tercatat menutup 25 gerainya. Beberapa gerai yang ditutup diantaranya berlokasi di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Corporate Secretary and Legal Director Matahari Miranti Hadisusilo kala itu menyampaikan, penutupan gerai tersebut dianggap telah sejalan dengan rencana perseroan.

5. Golden Truly

Pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jl. Gn Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat itu resmi ditutup pada Desember 2020. Informasi penutupan juga diunggah melalui akun Instagramnya @goldentruly.

“Mulai tanggal 1 Desember 2020, mal di Jl Gunung Sahari no 59 dikelola oleh pengelola gedung baru,” tulis Golden Truly. Adapun akun @goldentruly kini sudah hilang, dan digantikan dengan akun @goldentrulystore.

Meski tutup, Golden Truly tetap melayani konsumen melalui platform online shop, yakni Tokopedia dan Shopee. 

6. Gramedia

Gramedia, salah satu toko buku terbesar di Indonesia juga turut terdampak akibat pandemi Covid-19. PT Gramedia Asri Media memutuskan tak memperpanjang masa sewanya di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat yang habis pada Oktober 2020, setelah beroperasi selama 15 tahun. Penutupan gerai juga terjadi di Jl. Padjajaran Bogor pada awal Mei 2021. 

7. Kinokuniya

Senasib dengan Gramedia, toko buku Kinokuniya yang ada di Plaza Senayan, Jakarta resmi ditutup mulai April 2021. Sebelumnya Kinokuniya di Pondok Indah Mall 2 sudah tutup permanen sejak 2018. 

Saat ini, gerai Kinokuniya yang masih beroperasi terletak di Grand Indonesia, Jakarta. 

8. Transmart

Transmart baru-baru ini ramai diperbincangkan usai sebuah video yang beredar menunjukkan penampakan Transmart yang sepi pengunjung. 

Pihak Transmart sudah mulai menutup beberapa gerainya sejak 2019. Terdapat tujuh gerai Transmart yang ditutup permanen. Gerai tersebut diantaranya Transmart Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, Transmart ITC Permata Hijau, Transmart ITC Cempaka Mas, Transmart Mal Ambasador, Transmart Tamini Square, dan Transmart Keprimall Batam.

Penutupan gerai di sejumlah lokasi tersebut menjadi pilihan terakhir bagi pihak Transmart setelah mengerahkan berbagai upaya untuk kembali menarik konsumen ke pusat perbelanjaan milik Chairul Tanjung tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper