Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerai Transmart Milik Chairul Tanjung Berguguran Usai Ganti Nama dari Carrefour

Transmart salah satu pusat perbelanjaan di Indonesia milik Chairul Tanjung menutup beberapa gerainya di Indonesia.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.

Bisnis.com, JAKARTA - Transmart salah satu pusat perbelanjaan di Indonesia milik konglomerat Chairul Tanjung menjadi perbincangan hangat karena beberapa gerainya tutup permanen.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu akun Twitter @Strategi_Bisnis mengunggah sebuah video yang menunjukkan gerai Transmart sepi pengunjung.

Dalam cuitannya, pemilik akun @Strategi_Bisnis menyebut, bisnis milik Chairul Tanjung itu bisa saja tutup jika tidak ada perubahan, lantaran sejumlah konsumen menyebut harga barang yang dijual cukup mahal.

Bisnis kemudian mengunjungi langsung sejumlah gerai Transmart yang ada di wilayah DKI Jakarta. Gerai pertama yang dikunjungi adalah Transmart ITC Kuningan, Jakarta Selatan.

Gerai Transmart yang terletak di lantai basement 1 ini ternyata sudah tutup sejak 1 November 2022. Produk-produk hingga tulisan Transmart sudah tak tampak, hanya bangunan kosong yang siap dihuni. 

Deni (26) salah satu karyawan laundry yang berada satu lantai dengan gerai Transmart pun membenarkan tutupnya gerai Transmart di ITC Kuningan. Usaha laundry yang sudah ada sebelum Carrefour bertransisi menjadi Transmart bahkan menyebut, saat namanya masih Carrefour, pelanggan yang datang cukup ramai. Namun sejak berganti nama menjadi Transmart, jumlah pelanggan perlahan mulai menurun.

“Entah karena lebih mahal atau gimana, Carrefour dulu lebih ramai, jadi dulu weekdays juga ramai selalu, pas [ganti nama] Transmart pelan-pelan turun,” kata Deni saat ditemui Bisnis, Senin (30/1/2023).

Sementara itu, Fitri (33), salah satu penjual pakaian di ITC Kuningan menyebut, sebelum Transmart resmi tutup, karyawan Transmart sudah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan gerainya di ITC Kuningan.

Gerai Transmart Milik Chairul Tanjung Berguguran Usai Ganti Nama dari Carrefour
Gerai Transmart ITC Kuningan yang sudah tutup permanen - BISNIS/Ni Luh Angela

Salah satunya dengan menjual produk-produk promo menggunakan troli ke luar ITC Kuningan. Fitri menjelaskan, strategi tersebut sudah berlangsung sejak 2021.

“Kan mereka [pegawai Transmart] sering jualan keluar, pakai troli bawa buah, minyak, keliling keluar, kadang orang toko [disekitaran Transmart] ada yang mau beli. Mereka bukannya nggak usaha, mereka usaha, jadi jalan-jalan tuh, sampai keluar di belakang ITC, nanti ada yang beli buah, beli minyak yang promo. Udah lama tuh dijalanin,” jelasnya.

Suasana berbeda terlihat di gerai Transmart Kota Kasablanka, Jakarta Selatan yang terletak di lantai dasar. Meski tak begitu sepi, masih ada sejumlah pengunjung yang berbelanja di sana. Petugas kasir yang bertugas pun hanya 3 orang, dari 21 kasir yang ada di Transmart Kokas.

Menurut salah satu sales yang tak ingin disebutkan namanya, Transmart Kokas biasanya mulai ramai sekitar pukul 14.00 hingga 20.00 WIB. Bisnis pun menunggu hingga pukul 14.57 WIB dan memang, pelanggan mulai berdatangan, meski tak begitu ramai. 

Saat dimintai keterangan terkait video yang beredar, salah satu pegawai Transmart Kokas enggan untuk berkomentar dan memilih diam.

Bisnis juga mendatangi gerai Transmart yang ada di Blok M Square, Jakarta Selatan. Suasana cukup sepi jika dibandingkan dengan gerai yang ada di Kokas. Kasir yang bertugas pun terpantau hanya 1 orang saja.

Indri (25), penjual aksesori menyebut, gerai Transmart memang sudah sepi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Namun, meski PPKM telah dicabut, tidak ada perubahan pada jumlah pelanggan yang datang ke Transmart.

“Nggak ada perubahan, padahal mall udah tutup jam 10 malam,” ujarnya.

Bahkan, informasi mengenai Transmart Blok M Square bakal ditutup sempat merebak di kalangan penjual di sekitaran Transmart.

Gerai Transmart Milik Chairul Tanjung Berguguran Usai Ganti Nama dari Carrefour
Gerai Transmart di Blok M Square lantai 3 yang sudah tutup dan dialihkan ke lantai 2 - BISNIS/Ni Luh Angela.

“Kemarin denger-denger akhir Desember, terus diperpanjang Januari. Nggak tahu jadi atau nggak, mudah-mudahan nggak ya soalnya udah nambah barang,” katanya.

Salah satu penjual kaca mata, Fajar (37), juga menambahkan bahwa banyak barang yang kosong di Transmart. Menurut pantauan Bisnis, memang ada sejumlah barang yang kosong, salah satunya adalah nugget. Penampakannya cukup menarik perhatian.

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnis di lapangan, dulunya gerai Transmart Blok M Square berada di lantai 2 dan lantai 3. Namun, gerai yang ada di lantai 3 akhirnya ditutup dan produk yang ada dipindahkan ke lantai 2. 

“Barang pindah ke lantai 2 semua itu. Lantai 3 udah tutup lama, [tutupnya] setelah pandemi, saya nggak perhatikan,” ungkapnya.

Tanggapan Transmart

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid kemudian angkat bicara terkait penutupan gerai Transmart di lantai 3 Blok M Square. Satria menuturkan, penutupan gerai di lantai tiga menjadi salah satu upaya mereka untuk mempertahankan sekaligus memperkuat gerai yang ada di Blok M Square.

Dengan melakukan resizing store, Transmart diharapkan tetap mampu memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

“Itu salah satu upaya strategi kita untuk juga menguatkan toko tersebut, jadi kita resizing store. Kami saat ini sedang melakukan efisiensi besar-besaran sehingga perusahaan ritel lokal ini dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia,” kata Satria kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Satria mengungkapkan bahwa Transmart memiliki 95 gerai yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Dari jumlah tersebut, ada beberapa gerai yang tutup permanen.

Setidaknya ada 7 gerai Transmart yang tutup permanan. Satria menyebt gerai yang tutup permanen di antaranya Transmart di Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, Transmart ITC Permata Hijau, Transmart ITC Cempaka Mas, Transmart Mal Ambasador, Transmart Tamini Square dan Transmart di Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper