Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diketuai Luhut, Indonesia Siap Gelar World Water Forum Pada Mei 2024

Indonesia siap menjadi tuan rumah forum di bidang sumber daya air yakni World Water Forum ke-10 2024 yang diketuai langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Luhut Binsar Pandjaitan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali pada Minggu (13/11/2022). Bisnis-Khadijah Shahnaz.
Menko Luhut Binsar Pandjaitan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali pada Minggu (13/11/2022). Bisnis-Khadijah Shahnaz.

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia siap menjadi tuan rumah forum di bidang sumber daya air yakni World Water Forum ke-10 2024 yang diketuai langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Penetapan panitia nasional (National Organizing Committee/NOC) penyelenggaraan World Water Forum ke-10 yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 1 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10 Tahun 2024.

Dalam susunan panitia nasional ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ditunjuk oleh pemerintah Indonesia sebagai ketua panitia, dan didukung oleh ketua harian yang dipimpin oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta wakil ketua harian yaitu Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster.

Pada agenda 3rd Announcement yang digelar pada Kamis (18/1/2023), Indonesia menggelar pertemuan bersama dengan stakeholder internasional untuk menerima masukan terhadap 6 sub tema yang diangkat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan dalam forum tersebut diharapkan dapat menjembatani sejumlah isu sumber daya air yang terjadi di negara lain dan juga Indonesia.

"Diharapkan dalam meeting ini dengan stakeholder ini macam-macam ada embassy, LSM itu untuk bisa memberikan masukan dari tema yang ditawarkan," katanya di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan tema yang diusung Indonesia adalah 'Water for Shared Prosperity' dengan 6 sub tema yang akan dibahas.

Zaenal menuturkan sub tema yang akan dibahas adalah pembiayaan di bidang sumber daya air, pengelolaan bencana berbasis air, air untuk manusia dan lingkungan, air untuk keamanan dan kemakmuran, serta kerja sama teknologi dan pengetahuan antar diplomasi.

"World Water Forum menjadi forum yang sangat komprehensif dari seluruh stakeholder air tidak hanya pemerintah tapi juga LSM, di situ tentu mengambil best practices, dari situ nanti ada kesimpulan yang menjadi best practices negara lain untuk digunakan," jelasnya.

World Water Forum ke-10 telah disepakati untuk dilaksanakan pada 18 Mei hingga 24 Mei 2024 di Bali.

Pemerintah menargetkan kehadiran 12 kepala negara dan 56 menteri, 10.000 delegasi dan 100.000 peserta dari 172 negara yang terdiri atas unsur-unsur Pemerintah, parlemen, swasta, akademisi, praktisi, asosiasi, dan masyarakat pada lingkup nasional dan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper