Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Buka Lelang Pra Studi Kelayakan 2 Jalan Tol Baru, Segini Nilainya

Kementerian PUPR membuka lelang pra studi kelayakan 2 jalan tol baru. Berikut ruas dan nilai proyek lelangnya.
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka lelang proyek pre feasibility study (FS) atau pra studi kelayakan jalan Tol Krian-Pucukan senilai Rp1,44 miliar dan jalan tol di Jawa Barat senilai Rp1,49 miliar.

Dikutip dari LPSE Kementerian PUPR, Kamis (19/1/2023), tahapan lelang pra studi kelayakan kedua jalan tol tersebut telah dimulai sejak 5 Januari 2023. Adapun, lelang ini ditujukan untuk para jasa konsultansi badan usaha konstruksi. 

Proyek pra-studi kelayakan jalan Tol Krian-Pucukan memiliki nilai pagu paket senilai Rp1.441.612.000, sedangkan nilai HPS paket sebesar Rp1.441.501.500 dengan menggunakan APBN 2023. Lelang ini telah diikuti oleh 49 peserta. 

Berdasarkan Rencana Umum Jaringan Jalan Tol BPJT, proyek tol Krian-Pucukan termasuk dalam rencana jaringan jalan tol di Pulau Jawa yang akan dikerjakan pada periode 2030-2034 dengan panjang 32 km.

Adapun, proses lelang pra-studi kelayakan tol Krian-Pucukan telah memasuki tahap pengiriman syarat kualifikasi untuk kemudian dilakukan evaluasi dokumen yang masuk. 

Pengumuman hasil kualifikasi akan diumumkan pada 27 Januari 2023. Lalu, untuk pemenang lelang akan diumumkan pada 22 Februari 2023 dan penandatanganan kontrak akan dilakukan pada 2 Maret 2023. 

Di sisi lain, terkait lelang proyek pra-studi kelayakan jalan tol di Jawa Barat, masih belum diketahui pasti letak daerah yang akan dibangun jalan tol baru.

Namun, nilai pagu paket dan nilai HPS paket untuk pra studi kelayakan jalan tol di Jawa Barat itu sebesar Rp1.498.300.000 menggunakan APBN 2023 yang telah diikuti oleh 46 peserta. 

Saat ini, proses lelang pra studi kelayakan jalan tol Jawa Barat memasuki tahap pengiriman syarat kualifikasi untuk kemudian dilakukan evaluasi dokumen yang masuk.

Adapun, tahapan pengumuman hasil kualifikasi akan dilakukan pada 27 Januari 2023, sedangkan pemenang lelang akan diumumkan pada 22 Februari 2023 dan penandatanganan kontrak dilakukan pada 2 Maret 2023.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan pada laman resmi Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, pra studi kelayakan merupakan salah satu bagian dari kegiatan perencanaan secara keseluruhan yang dimulai dari identifikasi masalah, perencanaan umum, kelayakan, dan desain/perancangan teknis.

Pra studi kelayakan merupakan merupakan bagian dari tahapan evaluasi kelayakan suatu proyek, di mana rekomendasi formulasi kebijakan berupa koridor/alternatif solusi yang dihasilkan akan ditindaklanjuti dalam kegiatan studi kelayakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper