Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sebelum Tarif KRL Naik per 2023, Kemenhub akan Survei Lagi

Kemenhub akan melakukan survei kembali sebelum memutuskan tarif KRL naik pada tahun depan atau 2023.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 26 Desember 2022  |  16:04 WIB
Sebelum Tarif KRL Naik per 2023, Kemenhub akan Survei Lagi
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) yang dikelola oleh anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) berada di dipo kereta, Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan survei lagi sebelum menentukan penaikan tarif KRL, yang direncanakan pada tahun depan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan bahwa sebelumnya survei mengenai kemampuan untuk membayar (ability to pay) dan kemauan membayar (willinginess to pay) masyarakat terhadap tarif KRL yang lebih tinggi, sudah dilakukan sebelum Idulfitri 2022.

Dengan perubahan situasi ekonomi dan permintaan masyarakat terhadap angkutan transportasi perkotaan, maka Kemenhub bakal menggelar survei lagi sebelum menetapkan tarif baru KRL di 2023.

"Sekarang dengan situasi yang ada kami akan studi lagi sebelum menaikkan [tarif]. Perlu ada studi [baru] karena timing-nya sudah di luar hasil survei sebelumnya," jelas Adita, saat ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (26/12/2022).

Adita mengeklaim bahwa pada survei sebelumnya, masyarakat menunjukkan kemampuan dan kemauan untuk membayar tarif KRL yang lebih tinggi.

Namun, dengan semakin longgarnya mobilitas masyarakat saat ini, Kemenhub menilai perlu melihat kembali apabila ada perubahan kemampuan dan kemauan membayar masyarakat.

"Ini situasi demand sudah tinggi, Covid-19 sudah mulai landai, dan mobilitas masyarakat sekaligus perilaku sudah berbeda. Kami saat ini belum tau apakah ada WTP dan ATP-nya," lanjutnya.

Rencana penaikan tarif KRL tahun depan sebelumnya disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal. Dia menyebut kementeriannya sudah siap untuk menyesuaikan tarif KRL.

Penaikan tarif KRL juga sudah dikaji, dan Peraturan Menteri terkait dengan hal tersebut juga sudah ditandatangani. Menurutnya, hanya tinggal tunggu waktu yang tepat untuk menyesuaikan tarif.

"Kalau tarif KRL disesuaikan, Public Service Obligation atau PSO [subsidi] bisa berkurang. Insyaallah pada 2023 awal ada soal kenaikan tarif KRL," ujar Risal di Kantor Kemenhub, Selasa (13/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub krl tarif krl krl jabodetabek
Editor : Rio Sandy Pradana

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top