Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komitmen Investasi Hasil G20 Bali Hampir US$700 Miliar, Ini Pesan Airlangga

Menko Airlangga Hartarto mencatat total komitmen investasi untuk Indonesia hasil KTT G20 Bali nilainya hampir US$700 miliar.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Dok. ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Dok. ekon.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan komitmen investasi yang didapat Indonesia saat perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali mencapai US$700 miliar.

Komitmen investasi tersebut, lanjutnya, terdiri dari beberapa jenis program, antara lain proyek bilateral, multilateral, serta proyek khusus dari satu negara.

“Dalam G20 kita berhasil melakukan kompilasi terhadap 226 program yang sifatnya multilateral dan 140 proyek yang sifatnya bilateral nilai sebesar US$71,5 miliar,” ujarnya di acara malam apresiasi G20 yang digelar di Hotel Fairmont, Selasa (20/12/2022).

Airlangga menuturkan dengan berbagai proyek ini, Indonesia memanfaatkan kesepakatan G20 untuk meningkatkan kepercayaan dan keyakinan negara-negara lain untuk bermitra dengan Indonesia.

Menurutnya, pemerintah berharap dengan komitmen investasi selama perhelatan G20 diharapkan dapat mendongkrak kinerja ekonomi di dalam negeri.

Salah satu komitmen investasi dengan nilai fantastis yang tercatat selama KTT G20 Bali, antara lain mobilisasi pendanaan hingga US$600 miliar dari Amerika Serimat dan negara2 G7 selama 5 tahun ke depan dalam skema Partnership Global Infrastructture and Investment (PGII).

“Ada pula project transisi energi dan dekarbonisasi ini untuk Indonesia sebesar US$20 miliar,” jelasnya.

Airlangga juga mencatat kerja sama atau investasi proyek penyediaam hidrogen dan amonia antara Pertamina dan Saudi Aramco.

Ada pula komitmen investasi jepang inggris korsel utk pengembangan MRT, kerjasama denva turkey utk pembangunan jalan tol di Sumatra, serta Asian Development Bank atau ADB utk percepatan transisi dari PLTU Cirebon 1 .

Airlangga mengatakan berbagai komitmen investasi tersebut perlu segera  ditindaklanjuti dan dimonitor dan selaku Troika G20 bersama dengan India untuk menjaga keberlanjutan hasil pembahasan berbagai isu yg telah disepakati di KTT G20 Bali.

“Kami berharap kerjasama dukungan dari bapak ibu K/L baik di Sherpa track maupun di finance track untuk menindaklanjuti komitmen yg telah disepakati dan tentu skali lagi sy ucapkan terima kasih atas kerjasama dan perjuangan semua pihak sehingga presidensi G20 dpt apresiasi dan penghargaan dan hampir  semua negara dlm pertemuan baik di KTT APEC maupun dlm ASEAN-EU,” ujar Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper