Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nataru, Survei Kesiapan Operasi Lilin Candi 2022 Dimulai

Jasa Raharja bersama Korlantas Polri mulai melakukan survei jalur dan pengecekan kesiapan pengamanan Operasi Lilin Candi jelang libur Nataru.
Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). Arus mudik Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi terpantau ramai lancar. /ANTARA
Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). Arus mudik Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi terpantau ramai lancar. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Jasa Raharja bersama Korlantas Polri mulai melakukan survei jalur dan pengecekan kesiapan pengamanan Operasi Lilin Candi jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Survei dan pengecekan kesiapan pengamanan Nataru, dilakukan dengan menyusuri jalur mudik di Pulau Jawa, mulai dari Pos PAM rest area KM 57 Jakarta-Cikampek, Pos PAM Cikopo, Tol Cipali, Tol Kalikangkung, serta sejumlah pos pengamanan di jalur arteri yang tersebar hingga Malang, Jawa Timur.

Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana mengatakan operasi tersebut untuk turut memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran lalu lintas selama libur Nataru. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan menjelang perayaan hari besar Nasional.

Tujuannya, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Dewi juga menegaskan Jasa Raharja telah menginstruksikan seluruh personel untuk turut serta bersama Kepolisian dan instansi terkait lainnya, guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Sesuai dengan tugas Jasa Raharja, bahwa nanti petugas kami akan bersiaga di lapangan. Sehingga, bila nanti terjadi musibah kecelakaan, pelayanan bisa lebih cepat,” ujarnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat yang hendak pulang kampung atau berwisata agar memastikan keamanan di jalan guna meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain memastikan fisik yang prima dan kelaikkan kendaraan, kata Dewi, pihaknya juga mengimbau kepada pengguna jalan raya untuk mematuhi aturan berlalu lintas.

“Dalam pengecekan kami selama dua hari ini, para petugas di lapangan sudah siap melakukan pengamanan. Harapan kami, masyarakat juga bisa kooperatif mengikuti arahan petugas demi keamanan, kenyamanan, dan kelancaran momen Nataru ini,” terangya.

Sebelumnya. Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Cryshnanda Dwilaksana menuturkan dalam pengaturan lalu lintas periode natal dan tahun baru diperlukan manajemen kebutuhan, kapasitas, prioritas, kecepatan, dan kedaruratan. Selain itu, dia juga mendukung sistem digitalisasi yang telah dilakukan oleh operator pelabuhan yakni PT ASDP Indonesia (Persero).

Digitalisasi akan memudahkan bagi pemerintah untuk mengukur ketersediaan kapasitas. Di sisi lain, masyarakat juga diuntungkan dengan adanya jejak digital yang dapat dipertanggungjawabkan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Kami membuat sistem rekayasa lalu lintas, arus buka tutup, contra flow dan one way juga diberlakukan, sesuai dengan kondisi di lapangan," ujarnya.

Sejauh ini polri telah melakukan sejumlah skema pengaturan dalam menghadapi Nataru 2023 yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Apabila lalu lintas kendaraan masuk Pelabuhan Merak bersifat normal, hanya dilakukan tindakan pengamanan personil siaga di pos. Kemudian apabila situasi kuning atau terjadi antrean kendaraan bermotor sampai keluar Pelabuhan Merak, tindakan pengamanan dilakukan dengan penambahan pers, penyekatan kendaraan roda empat atau lebih di flyover Cikuasa atas.

Di. sisi lain, saat kondisi di lapangan ramai, arus mudik menuju Sumatera dari gerbang tol Merak menuju pelabuhan melalui jalur flyover apabila terjadi kepadatan maka dialihkan melalui gerbang bawah atau arteri. Namun bila terjadi kepadatan di pelabuhan maka kendaraan penumpang akan di tempatkan di kantong-kantong parkir sebelum naik flyover dan mengatur buka tutup gerbang tol Merak Cilegon Barat, Cilegon Timur diarahkan melalui jalan arteri. Untuk kendaraan yang ada di kantong parkir akan menuju kantong parkir di pelabuhan setelah diinformasikan oleh petugas di pelabuhan (petugas pos kontrol).

Untuk arus balik menuju Jakarta, maka kendaraan yang datang Sumatera menuju Jakarta akan diarahkan melalui jalur arteri dan Cikuasa bawah dan gerem bawah menuju Gerbang Tol Merak atau gerbang Tol Cilegon Barat dan atau melalui arteri. Pengaturan bongkar muat kapal mengutamakan kendaraan yang keluar terlebih dahulu mengatur kendaraan yang akan masuk ke kapal tidak terlalu dekat dengan jalur yang akan keluar.

Sementara itu, untuk kondisi Pelabuhan Bakauheni apabila kondisi arus normal, cara bertindak yang dilakukan adalah pengaturan lalu lintas dan patroli di dalam pelabuhan dan jalur menuju pelabuhan Bakauheni. Kemudian mengerahkan kendaraan menuju tiap-tiap dermaga. Memonitor perkembangan situasi tiap jam. Hingga menyiapkan kantong parkir di sekitar Pelabuhan dengan koordinasi pihak tol untuk memberikan informasi di pelabuhan kepada pengguna jalan tol. Koordinasi dengan pihak Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sebagai alternatif kendaraan non prioritas.

Pada arus balik saat situasi kuning atau kondisi padat lancar adalah kondisi kendaraan di luar Pelabuhan sampai dengan KM2, cara penanganan yang dilakukan adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju tiap-tiap dermaga, mengarahkan kendaraan barang yang bukan prioritas ke pelabuhan BBJ. Kemudian mengarahkan kendaraan barang yang bukan prioritas ke kantong parkir yang disiapkan yakni tol dan arteri, selanjutnya menentukan rekayasa lalu lintas di atas flyover, hingga mempercepat proses bongkar muat kapal, serta menahan kendaraan agar tidak keluar di rest area, dan mengumumkan situasi Pelabuhan dengan public address setiap 15 menit.

Namun pada saat situasi merah, prediksi puncak arus balik menuju pelabuhan Bakauheni kondisi padat antrean di luar Pelabuhan sampai dengan km 4, pihak kepolisian lalu lintas akan mengarahkan kendaraan barang yang bukan prioritas ke pelabuhan BBJ, mengarahkan kendaraan ke kantong parkir yang disiapkan, mengalihkan kendaraan ke exit tol terdekat kecuali angkutan barang yang bukan prioritas, kemudian juga mengantongkan semua kendaraan ke seluruh rest area yang menuju pelabuhan Bakauheni. Dalam hal ini, pintu masuk Pelabuhan diberlakukan sistem manual. Hingga menahan kendaraan agar tidak keluar rest area dan mengumumkann situasi Pelabuhan dengan publik address setiap 15 menit.

Pada arus mudik menuju Sumatera di Pelabuhan Bakauheni Lampung, arus lalu lintasnya diarahkan melalui gerbang tol Bakauheni Selatan. Dengan demikian, apabila terjadi kepadatan maka akan dialihkan melalui arteri menuju gerbang Tol Bakauheni Utara. Untuk arus balik menuju Jakarta dilakukan bila situasi arus di gerbang tol Bakauheni Selatan padat, maka dialihkan melalui gerbang tol Bakauheni Utara Khusus bila masih terjadi kepadatan, maka dialihkan melalui gerbang tol Kalianda. Kemungkinan juga memberlakukan check in tiket manual di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dan membagi kepadatan kendaraan bermotor atau penumpang di 7 dermaga yang ada.

Chrysnanda juga merekomendasikan apabila situasi arus lalu lintas normal, baik mobilisasi orang, sepeda motor, penumpang dan barang dengan mengoptimalkan 7 dermaga. Caranya, melalui penempatan parkiran kendaraan bermotor yang akan masuk kapal sesuai dengan kapasitas tempat parkir masing-masing dermaga.

Dalam keadaan kontingensi, penumpukan kendaraan sumbu 3 ke atas, terjadinya gelombang tinggi sehingga kapal tidak bisa merapat atau standar maka harus dipersiapkan Pelabuhan cadangan beserta kapal cadangan di Pelabuhan Indah Kiat dan Kiwan Dani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper