Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangun Lagi Rumah Korban Gempa, Menteri PUPR: 5 Hari Bisa Selesai

Kementerian PUPR menyebut pembangunan kembali rumah korban bencana gempa bumi dapat dilakukan dalam waktu singkat.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 23 November 2022  |  19:26 WIB
Bangun Lagi Rumah Korban Gempa, Menteri PUPR: 5 Hari Bisa Selesai
Warga mengevakuasi barang dari puing bangunan terdampak gempa bumi di Rancagoong, Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 125 kali gempa susulan di wilayah Kabupaten Cianjur, hingga pukul 08.00 WIB, Selasa (22/11). Kekuatan gempa susulan itu bervariasi dari yang terbesar bermagnitudo 4,2 hingga 1,5. Warga diimbau untuk mewaspadai gempa bumi susulan. Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan kembali rumah korban bencana gempa bumi dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.

Basuki mengatakan, rumah yang direlokasi nantinya akan dibangun kembali menggunakan teknologi tahan gempa yang dimiliki Kementerian PUPR, yakni teknologi Risha atau rumah instan sederhana sehat.

"Kalau rumahnya cepat sekali, kayak ini saja bisa 5 hari selesai," katanya di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Basuki mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan stok rumah Risha untuk penanggulangan bencana alam, mengingat Indonesia sebagai negara dengan potensi bencana gempa bumi yang besar.

Dia menjelaskan bahwa stok rumah-rumah tersebut sudah dapat dimobilisasi ke wilayah yang nantinya akan dijadikan tempat relokasi korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Kendati demikian, Basuki mengatakan pemilihan lokasi relokasi oleh pemerintah daerah akan menjadi proses yang paling memakan waktu sehingga cepat atau tidaknya terbangun rumah-rumah baru tersebut sangat bergantung dengan ketersediaan lahan.

"Sekarang tinggal mengangkut, tergantung pemda karena pemda harus menyiapkan lahannya, land clearing, kita bangun," kata Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gempa Cianjur Menteri PUPR rumah
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top