Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Jenis, Hingga Contoh Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang mencakup produksi, distribusi dan konsumsi.
Kegiatan perekonomian di pasar./ilsutrasi
Kegiatan perekonomian di pasar./ilsutrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kegiatan ekonomi adalah perilaku atau tindakan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang kegiatan tersebut didasari oleh prinsip-prinsip ekonomi. Disadari atau tidak, hampir setiap aktivitas manusia tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Seorang karyawan yang bekerja di kantor melayani pertanyaan customer juga melakukan kegiatan ekonomi. Seorang pengusaha yang membayarkan gaji kepada karyawan yang melakukan kegiatan ekonomi. 

Kegiatan ekonomi sudah berlangsung sejak jaman dahulu. Karena kebutuhan manusia sudah ada sejak manusia baru lahir di bumi ini. Di zaman pra sejarah, kegiatan ekonomi berupa berburu, bercocok tanam, menebang pohon di hutan, dan beternak. Seiring dengan berkembangnya zaman, kegiatan ekonomi bervariasi menjadi banyak. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang kegiatan ekonomi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Tujuan kegiatan ekonomi

  • Untuk mendapatkan uang, kekayaan dan keuntungan 
    Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan masa depan, kita memerlukan kekuatan finansial yang sehat. Melakukan kegiatan ekonomi merupakan salah satu cara agar kita mendapatkan penghasilan, kekayaan dan keuntungan. 
  • Mengikat secara umum 
    Disebut kegiatan ekonomi jika aktivitas yang dilakukan sah di mata hukum. Tindakan-tindakan yang menghasilkan uang dan kekayaan dengan cara perampokan, korupsi, pencurian, penyuapan, penyelundupan dan sejenisnya tidak bisa disebut sebagai kegiatan ekonomi karena melawan hukum. 
  • Bisa diterima secara sosial 
    Kegiatan ekonomi yang akan berjalan lancar adalah kegiatan ekonomi yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma sosial yang berlaku di dalam mesyarakat tersebut. Jika tidak sesuai, masyarakat sekitar akan menolak berlangsungnya kegiatan ekonomi di daerah tersebut. 
  • Menggunakan akal sehat
    Untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang maksimal, perlu melibatkan akal sehat atau rasionalitas dalam pemanfaat sumber daya. Dengan strategi yang jitu, usaha yang sama bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. 

2. Jenis kegiatan ekonomi

  • Kegiatan Ekonomi Produksi 
    Kegiatan ini dilakukan dengan menghasilkan produk ataupun jasa. Produk dilakukan oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan barang atau jasa dari konsumen atau pembeli. 

Tujuan dari produksi sebagai jenis kegiatan ekonomi adalah untuk mencari profit dari usahanya menjual barang yang diperlukan masyarakat. Contoh kegiatan ekonomi produksi adalah pabrik pembuatan minuman es teh dalam sachet, pabrik baju renang dan lain-lain. 

  • Kegiatan Ekonomi Distribusi 
    Dalam jenis ini, distributor menjadi pihak pelaku kegiatan ekonomi yang bertugas menyalurkan barang ataupun jasa dari produsen kepada konsumen. Terdapat 3 jenis distributor, yaitu retail, grosil, perantara. Contohnya seperti swalayan dan toko kelontong. 
  • Kegiatan Ekonomi Konsumsi 
    Konsumsi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghabiskan nilai barang atau jasa yang sudah dibeli dan didapatkan secara perlahan ataupun langsung. Kegiatan konsumsi ini terbagi ke dua jenis, yaitu produsen menjual langsung ke pembeli atau pembeli membeli di distributor. 

3. Contoh kegiatan ekonomi

  • Melakukan pembelian bahan baku untuk produksi.
  • Menyewa truk untuk mengangkut barang.
  • Bekerja di kantor untuk memasarkan produk.
  • Membayar upah tenaga kerja.
  • Memproduksi ayam potong, masakan kuliner, sabun dan lain-lain.
  • Membeli saham perusahaan agar perusahaan bisa menjalankan operasional karena mendapatkan modal.
  • Menjadi penulis, guru, dan content creator untuk Pendidikan. 

Itulah beberapa penjelasan sekitar kegiatan ekonomi dan juga contoh kegiatan ekonomi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper