Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

WIKA Targetkan 2 Proyek Bendungan Selesai Akhir 2022

PT Wijaya Karya (WIKA) menargetkan dapat menyelesaikan dua proyek bendungan hingga akhir tahun ini.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 November 2022  |  13:45 WIB
WIKA Targetkan 2 Proyek Bendungan Selesai Akhir 2022
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau proyek Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Rabu (26/12/2018). - Bisnis/Yodie Hardiyan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menargetkan dapat menyelesaikan dua proyek bendungan hingga akhir tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, Mahendra Vijaya, mengatakan bendungan tersebut adalah Bendungan Sukamahi, Jawa Barat dan Bendungan Kuwil Kawangkoan, di Sulawesi Utara.

Bendungan Sukamahi memiliki daya tampung 1,68 juta m3 dan luas area genangan 5,23 hektare dengan manfaat mereduksi banjir sebesar 15,47 m3 per detik.

Pembangunan Bendungan Sukamahi sudah direncanakan sejak 1990-an dan mulai dibangun 2017. Kontrak pembangunan bendungan tersebut adalah senilai Rp464,93 miliar dengan kontraktor pelaksana Wijaya Karya-Basuki KSO.

Mahendra mengatakan progress konstruksi bendungan tersebut telah selesai dan tinggal menunggu proses peresmian.

"Bendungan Sukamahi sudah selesai," kata Mahendra kepada Bisnis, Senin (21/11/2022).

Sementara itu, Mahendra menjelaskan bahwa progres Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara saat ini telah mencapai 97 persen.

Bendungan Kuwil Kawangkoan utamanya bertujuan untuk pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit 470 m3 per detik.

Di samping pengendalian banjir, Bendungan Kuwil Kawangkoan juga bermanfaat bagi penyediaan air baku untuk Kota Manado, Minahasa Utara, Kota Bitung dan Kawasan Ekonomi Khhsus (KEK) Bitung sebesar 4.500 liter per detik, PLTM dengan kapasitas 2 x 0,70 MW serta pengembangan pariwisata.

"Untuk bendungan kuwil juga akan sls di desember tahun ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wika bendungan infrastruktur wijaya karya
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top