Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menhub: Kebangkitan Industri Transportasi Dorong Pemulihan Pariwisata

Menhub Budi Karya menilai kebangkitan industri transportasi bisa mendorong pemulihan sektor pariwisata.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 18 November 2022  |  10:22 WIB
Menhub: Kebangkitan Industri Transportasi Dorong Pemulihan Pariwisata
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Kemenhub
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan pemulihan sektor pariwisata nasional bisa didorong melalui sejumlah upaya pemulihan di sektor transportasi.

Budi Karya menuturkan sejumlah upaya yang dilakukan, di antaranya yaitu mengeluarkan beberapa surat edaran terkait dengan persyaratan perjalanan transportasi yang lebih mudah dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

“Upaya ini menjadi titik balik kebangkitan industri transportasi, karena semakin meningkatkan keterisian penumpang,” katanya pada Forum Pariwisata Global atau Global Tourism Forum-Annual Meeting 2022, yang dikutip dari siaran pers, Jumat (18/11/2022).

Dia menuturkan Kemenhub bersama operator transportasi juga terus mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meminimalkan penyebaran virus. Misalnya digitalisasi layanan di bandara dan penggunaan HEPA filter yang mampu menjaga kebersihan udara di dalam sarana transportasi publik.

Selanjutnya, Kemenhub juga memberikan sejumlah insentif, misalnya di sektor penerbangan yaitu dengan memberikan insentif untuk Layanan Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC).

Budi Karya menilai upaya pemulihan sudah mulai terlihat hasilnya. Salah satu indikatornya yaitu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), transportasi dan pergudangan pada kuartal III/2022 tumbuh paling besar yaitu 25,8 persen (year on year).

Hal ini menunjukkan tren yang terus meningkat sejak awal tahun 2022, dan berkontribusi penting pada pertumbuhan perekonomian Indonesia yang meningkat 5,72 persen year on year pada kuartal III/2022.

Namun demikian, Menhub tetap mengingatkan seluruh pihak untuk terus berupaya menjaga momentum tren pertumbuhan, serta tetap waspada terhadap kondisi ketidakpastian global, seperti pandemi lanjutan, perubahan iklim, dan ketegangan perang global di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub menhub transportasi Pariwisata
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top