Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sejarah Penerbangan Batik Air: Mulai dari Riwayat Kecelakaan hingga Gelar Paling Tepat Waktu

Menilik sejarah dan sepak terjang Batik Air di dunia penerbangan sejak didirikan pada 2013.
1

Profil Pemilik Batik Air dan harta kekayaannya

Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Bagikan

Batik Air dimiliki oleh Rusdi Kirana, yang juga menjadi pendiri dari Lion Air dan beberapa maskapai penerbangan lainnya seperti Wings Air, Thai Lion Air, Malindo Air, dan Lion Bizjet. 

Rusdi Kirana aktif dalam arah strategis jangka panjang Lion Group, salah satunya sebagai Presiden Direktur hingga tahun 2014.

Sejak 2017, dia ditunjuk sebagai duta besar Indonesia untuk Malaysia. Rusdi juga pernah menjabat sebagai anggota Penasihat Presiden Joko Widodo dan sebagai wakil ketua Partai Kebangkitan Bangsa (Partai Kebangkitan Bangsa).

Adapun kesuksesan Rusdi di industri penerbangan bermula ketika dirinya mulai menjalankan bisnis agen perjalanan bersama sang kakak, yaitu Kusnan Kirana pada 1981.

Kusnan sendiri merupakan lulusan dari Sekolah Teknik Menengah 1 DKI (sekolah teknik kejuruan) pada tahun 1978.

Tentunya, berkat kecermatan dalam melihat potensi pasar, membuat kakak beradik ini mulai mengembangkan bisnis dengan mendirikan Lion Air pada tahun 1999 dan menjadikannya salah satu maskapai tersukses di tanah air.

Untuk terus memperluas jaringan usahanya, Lion Air Group pun memiliki bisnis ekspedisi yang bernama Lion Parcel yang didirikan sejak 14 Februari 2013 guna melayani first, middle, dan last mile baik untuk pengiriman domestik maupun internasional serta bisnis perhotelan Lion Hotel & Plaza yang berlokasi di Manado.

Tak heran, apabila pada 2019 hingga 2020, nama Rusdi Kirana dan kakaknya yakni Kusnan Kirana, menduduki peringkat ke-38 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Bahkan, menurut data Forbes tahun 2019, kekayaan Rusdi Kirana ditaksir mencapai US$835 juta atau sekitar Rp12,9 triliun

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik air lion air gourp lion air group rusdi kirana
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top