Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Batasi Penerbangan, Bandara Ngurah Rai Utamakan Tamu Negara G20

Bandara Ngurah Rai Bali melakukan pembatasan penerbangan untuk mengutamakan tamu negara peserta KTT G20.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 14 November 2022  |  11:18 WIB
Batasi Penerbangan, Bandara Ngurah Rai Utamakan Tamu Negara G20
Penumpang melintas di area Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (5/11/2022). Seluruh pengerjaan beautifikasi dan revitalisasi bandara serta persiapan berbagai fasilitas serta sarana pendukung di Bandara Bali telah rampung dan siap untuk menyambut tamu negara dan delegasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. ANTARA FOTO - Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, telah memulai pembatasan operasi penerbangan atau limited operation pada hari ini, Minggu (13/11/2022). Pembatasan dilakukan guna menyambut mobilitas penerbangan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan bahwa pembatasan operasi penerbangan akan dilaksanakan hingga pekan depan, Kamis (17/11/2022).

"Sesuai Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan melaksanakan pembatasan operasi penerbangan atau limited operation untuk mendukung atau memprioritaskan pesawat-pesawat yang terkait dengan KTT Presidensi G20. Pembatasan tersebut diberlakukan per 13 - 17 November 2022," ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (13/11/2022).

Pembatasan selama empat hari tersebut, lanjut Handy, dilakukan karena jadwal kedatangan dan kepulangan delegasi KTT G20 yang diangkut dengan pesawat VVIP dan VIP.

"Jadwal kedatangan pesawat yang mengangkut seluruh delegasi KTT Presidensi G20, khususnya pesawat VVIP dan VIP akan tiba ataupun pulang pada tanggal tersebut [13-17 November]," lanjutnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan mobilitas penerbangan terpadat akan terjadi pada esok hari, Senin (14/11/2022). Besok, tamu negara yang diundang ke KTT G20 akan berdatangan menggunakan pesawat kenegaraan.

"Dari 13 hingga 17 November 2022, hanya 14 November 2022 yang relatif padat karena kedatangan para tamu negara menggunakan pesawat kenegaraan," jelas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Novie Riyanto di Bali, dikutip dari siaran pers, Minggu (13/11/2022).

Delegasi yang dijadwalkan hadir pada acara penutup Presidensi G20 Indonesia berasal dari 35 negara. Oleh karena itu, Kemenhub membatasi slot penerbangan domestik guna menyeimbangkan pergerakan pesawat kenegaraan dan penerbangan reguler.

Sebaliknya, Kemenhub akan mengoptimalkan slot penerbangan reguler internasional karena banyak para delegasi tamu negara yang menggunakan pesawat reguler.

"Selebihnya, slot penerbangan relatif normal. Hanya saja untuk penerbangan reguler domestik terdapat penyesuaian waktu menjadi lebih pagi atau malam. Serta, rute penerbangan hanya dari Bandara Soekarno Hatta ke Ngurah Rai Bali atau sebaliknya," jelas Novie. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 bandara bandara ngurah rai
Editor : Rio Sandy Pradana

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top