Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Siap Meluncur, Kenali Perbedaannya

IKI berisi hasil survei atas pertanyaan yang diajukan kepada pelaku industri yang tidak banyak berbeda dengan S&P Global dan BI.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 06 November 2022  |  21:49 WIB
Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Siap Meluncur, Kenali Perbedaannya
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Executive Vice-President Commisioner for Trade, Valdis Dombrovskis, dan Menperin Agus Gumiwang bertemu untuk membahas IEU-CEPA di Hotel Sofitel, Nusa Dua Bali, Kamis (22/9/2022) - Dok. Kemenko Perekonomian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan meluncurkan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Senin (7/11/2022). IKI merupakan laporan rutin seperti halnya Purchasing Managers Index (PMI) S & P Global dan Bank Indonesia (BI).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan IKI berisi hasil survei atas pertanyaan yang diajukan kepada pelaku industri yang tidak banyak berbeda dengan S&P Global dan BI.

Perbedaannya dengan S&P, kata Agus, jumlah pelaku industri yang disurvei akan lebih banyak yakni lebih dari 15.000 perusahaan sedangkan S&P hanya menyurvei 400 perusahaan industri di Indonesia.

"Kalau IHS Markit yang dibeli S&P, kami tidak pernah tahu industri apa saja yang disurvei. Ketika kami mencari tahu perusahaan dan sektor apa saja yang disurvei, mereka tidak mau membuka," kata Agus di Gedung Kemenperin, belum lama ini.

Dia menjelaskan, jumlah yang akan disurvei oleh pemerintah terkait dengan penghitungan indeks keyakinan industri sebanyak 16.000 perusahaan.

Dengan adanya data lebih presisi di indeks kepercayaan industri, kata Agus, pemerintah bisa melakukan mitigasi serta memiliki pertimbangan yang lebih matang terkait dengan penciptaan kebijakan.

"Sehingga kami bisa melakukan mitigasi dan bisa menciptakan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan industri," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri kemenperin indeks manufaktur menperin Agus Gumiwang
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top