Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemendag Gelar Trade, Tourism, and Investment Forum Buat Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya dilakukan percepatan pemulihan ekonomi khususnya di sektor perdagangan, pariwisata dan investasi.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 20 Oktober 2022  |  12:03 WIB
Kemendag Gelar Trade, Tourism, and Investment Forum Buat Dongkrak Pemulihan Ekonomi
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan / BISNIS/Annisa Kurniasari Saumi.
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG —Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Trade, Tourism, and Investment Forum (TTI) sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi bagi sektor perdagangan, pariwisata, juga investasi di tengah banyaknya tantangan global saat ini.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya dilakukan percepatan pemulihan ekonomi khususnya di sektor perdagangan, pariwisata dan investasi. Situasi krisis ekonomi global harus menjadi tantangan sekaligus kesempatan untuk bangkit dan menjadi bangsa yang siap dan kuat.

"Melalui TTI Forum ini diharapkan kita dapat mendiskusikan langkah-langkah dalam percepatan pemulihan ekonomi di sektor perdagangan, pariwisata dan investasi. Selain itu, forum ini juga dapat memberikan perkembangan kebijakan, informasi, dan strategi terkini di tiga sektor tersebut. Forum ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi tentang solusi strategis peningkatan perekonomian Indonesia bagi para pemangku kepentingan," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (19/10/2022).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif Sandiaga Uno mengungkapkan sektor pariwisata Indonesia tengah mengalami kenaikan signifikan dan mengungguli Thailand dan Vietnam dilihat dari jenis inklusifitas.

Sementara realisasi investasi pariwisata Indonesia pada 2022 tercatat sebesar US$417, 25 juta dengan jenis usaha yang paling diminati adalah aktivitas konsultasi manajemen. Dari segi ekonomi kreatif, Indonesia menempati ekonomi kreatif ketiga di dunia dilihat dari kontribusi terhadap PDB setelah Amerika dan Korea Selatan.

"Kami mengajak untuk berinvestasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena Indonesia memiliki pasar yang besar serta iklim usaha yang mendukung," ungkap Sandi.

Adapun Sekertaris Kementerian Investasi Ikmal Lukman pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2022 tumbuh 5,44 persen. Hal ini menimbulkan kepercayaan investor, terutama dalam negeri untuk berkolaborasi dengan investor asing.

Selain itu, dukungan pemerintah khususnya terkait program hilirisasi menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi yang menarik.

Dengan demikian bila investasi yang masuk meningkat terutama untuk perdagangan dan pariwisata yang menjadi sektor paling terdampak akibat pandemi Covid-19, diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Neraca Perdagangan perdagangan kementerian perdagangan kerja sama perdagangan zulkifli hasan
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top