Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

AP I: Kuartal III/2022, Maskapai Lakukan 47 Reaktivasi Rute

AP I mencatat maskapai nasional dan asing melakukan 47 reaktivasi rute dan pembukaan rute baru sepanjang kuartal III/2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Oktober 2022  |  14:04 WIB
AP I: Kuartal III/2022, Maskapai Lakukan 47 Reaktivasi Rute
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyebut maskapai nasional dan asing telah melakukan 47 reaktivasi rute dan pembukaan rute baru pada kuartal III/2022 di seluruh bandara kelolaannya.  

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan selama periode kuartal I/2022, AP I kembali mencatat pertumbuhan rute penerbangan yang dilayani di bandara-bandara perseroan. Baik itu melalui reaktivasi rute domestik dan internasional, maupun pembukaan rute baru domestik dan internasional.

"Dengan penambahan 47 rute pada Juli hingga September tersebut, secara total Angkasa Pura I telah melayani sebanyak 144 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru sepanjang bulan Januari hingga September 2022," ujarnya, Senin (17/10/2022).

Jika dirinci lagi, terdapat sebanyak 10 reaktivasi rute dan 36 pembukaan rute domestik, serta 96 reaktivasi dan 2 pembukaan rute internasional. Pada periode tersebut, bulan September pun tercatat menjadi bulan dengan penambahan rute terbanyak yaitu dengan total 22 reaktivasi dan pembukaan rute penerbangan baru.

Dia pun memerinci dari sebanyak 47 rute tersebut adalah 1 reaktivasi rute domestik dan 18 pembukaan rute baru domestik, serta 26 reaktivasi rute internasional dan 2 pembukaan rute baru internasional. Pada Juli, terdapat sebanyak 4 pembukaan rute baru domestik, 10 reaktivasi rute internasional, dan 1 pembukaan rute baru internasional.

Sementara itu, pada Agustus 2022 terdapat 2 pembukaan rute baru domestik dan 8 reaktivasi rute internasional. Sedangkan di bulan September, terdapat 1 reaktivasi rute domestik, 12 pembukaan rute baru domestik, 8 reaktivasi rute internasional, dan 1 pembukaan rute baru internasional.

Selama kuartal III/2022 tersebut, terdapat sebanyak 4 maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru domestik, serta 16 maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru internasional.

Adapun dalam periode tersebut, bandara-bandara Angkasa Pura I yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 5 rute domestik dan 22 rute internasional, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 3 rute domestik, Bandara Juanda Surabaya dengan 6 rute domestik dan 6 rute internasional, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 2 rute domestik, Bandara Adi Soemarmo Surakarta dengan 1 rute domestik, Bandara Internasional Lombok dengan 1 rute Domestik, serta Bandara Syamsudin Noor dengan 1 rute domestik.

Untuk rute domestik, rincian maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah sebagai Super Air Jet dengan 10 pembukaan rute baru, Indonesia AirAsia dengan 5 pembukaan rute baru, Lion Air dengan 2 pembukaan rute baru, dan Batik Air dengan 1 reaktivasi rute dan 1 pembukaan rute baru.

Sedangkan untuk rute internasional, rincian maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah sebagai berikut: Indonesia AirAsia dengan 5 reaktivasi rute, Jetstar dengan 4 reaktivasi rute, Lion Air dengan 4 reaktivasi rute, Batik Air dengan 2 pembukaan rute baru, serta AirAsia, Garuda Indonesia, Vietjet Air, Philippine Airlines, Korean Air, Philippine AirAsia, Thai AirAsia, Emirates, Sriwijaya Air, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, China Airlines, dan Batik Air Malaysia yang masing-masing melakukan 1 reaktivasi rute internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ap i angkasa pura i maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top