Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos IMF dan Bank Dunia Beri Peringatan, Risiko Resesi Global Meningkat!

Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia memberi peringatakan bahwa risiko resesi global akan meningkat.
Logo The International Monetary Fund (IMF)./Reuters
Logo The International Monetary Fund (IMF)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bos Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) memperingatkan peningkatan risiko resesi global karena ekonomi maju melambat dan inflasi yang lebih cepat.

Kondisi tersebut memaksa Federal Reserve (The Fed) untuk terus menaikkan suku bunga serta menambah tekanan utang pada negara-negara berkembang.

"Di Amerika Serikat, ekonomi terbesar di dunia, pasar tenaga kerja masih sangat kuat tetapi kehilangan momentum karena dampak dari biaya pinjaman yang lebih tinggi 'mulai menggigit', kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (11/10/2022).

Dia menuturkan roda perekonomian di wilayah Eropa melambat karena harga gas alam melonjak. Sementara itu, perlambatan ekonomi China juga terjadi karena kebijakan zero covid policy dan volatilitas di sektor perumahan.

IMF menghitung bahwa sekitar sepertiga dari ekonomi dunia akan mengalami kontraksi setidaknya dua kuartal berturut-turut tahun ini dan tahun depan.

Dia memprediksi perekonomian dunia akan mengalami kerugian hingga US$4 triliun hingga 2026. Pada saat yang sama, katanya, pembuat kebijakan tidak dapat membiarkan inflasi menjadi “kereta pelarian".

"Jika Anda tidak melakukan [kebijakan] cukup, kami dalam masalah," kata Georgieva pada acara virtual yang memulai pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, Senin (10/10/2022).

Dia menambahkan bahwa dukungan fiskal harus tepat sasaran sehingga tidak memicu inflasi. Georgieva juga menilai dunia perlu membantu negara-negara berkembang dan berkembang sangat terpukul oleh pengetatan kondisi keuangan.

Sementara itu, Presiden Bank Dunia David Malpass, saat berbicara bersama Georgieva, memperingatkan bahwa ada "bahaya nyata" dari kontraksi di seluruh dunia pada 2023.

"Kekuatan dolar AS melemahkan mata uang negara-negara berkembang, meningkatkan utang mereka ke tingkat yang 'membebani', katanya.

Pada sebuah acara yang digelar Senin malam, Georgieva mengatakan IMF memperkirakan bahwa ada kekurangan US$9 miliar dalam cakupan neraca pembayaran untuk negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah. Penciptaan program IMF bulan lalu dari pembiayaan darurat akan membantu memenuhi kebutuhan itu.

Dalam percakapan luas dengan perwakilan dari kelompok masyarakat sipil, Georgieva mengatakan dewan IMF akan melakukan peninjauan kuota, atau memperbarui porsi dana yang lebih besar kepada negara berkembang.

"Proses itu akan selesai pada Desember 2023. Sangat penting untuk menjaga kredibilitas dana tersebut," jelasnya.

Georgieva juga mengatakan IMF akan membahas biaya tambahan atau komisi yang dibebankan kepada negara-negara yang menggunakan jalur kredit pemberi pinjaman secara ekstensif, sebagai bagian dari pembicaraan tentang fasilitas pencegahannya pada Desember.

Biaya tambahan akan diterapkan kepada negara-negara berpenghasilan menengah untuk menghindari pinjaman berlebihan.

Beberapa negara berkembang dan pemenang hadiah Nobel Joseph Stiglitz berpendapat IMF seharusnya menghilangkan biaya tambahan lantaran tidak adil pada negara-negara yang saat ini tengah berjuang menghadapi krisis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper