Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Nggak Perlu Antre! Tol Jagorawi Bisa Bayar Tanpa Kartu Mulai Akhir 2022

Jalan Tol Jagorawi akan menjadi salah satu ruas yang akan dipilih untuk uji coba MLFF atau transaksi tol tanpa kartu pada akhir 2022.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  14:17 WIB
Nggak Perlu Antre! Tol Jagorawi Bisa Bayar Tanpa Kartu Mulai Akhir 2022
Sejumlah kendaraan melintas menuju kawasan Ciawi, Lido dan Sukabumi setelah pintu keluar tol Jagorawi akibat penutupan jalan menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022). Antrean panjang kendaraan tersebut terjadi akibat sistem satu arah yang diberlakukan Satlantas Polres Bogor di jalur wisata Puncak, Bogor untuk mengurai kepadatan di hari kedua Idul Fitri 1443 H. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melaksanakan uji coba transaksi pembayaran tol non-tunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti (Multi Lane Free Flow/ MLFF) di sejumlah ruas tol.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan Jalan Tol Jagorawi akan menjadi salah satu ruas yang akan dipilih untuk uji coba MLFF. Nantinya akan ada 1 pintu gerbang yang menyediakan sistem pembayaran dengan MLFF.

Danang mengatakan, saat uji coba akhir tahun nanti, akan ada ruas lain yang akan dicoba penerapan MLFF sampai nantinya diterapkan serentak secara nasional di seluruh ruas tol.

"Uji coba mulai di JORR S, di Jagorawi, nanti mendorong di Samarinda-Balikpapan di beberapa ruas lagi, tahap pertama di mungkin 5-6 ruas," kata Danang, dikutip Senin (10/10/2022).

Kasubbid Operasi dan Pemeliharaan Bidang OP Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Galuh Permana Waluyo menjelaskan pihaknya akan segera merilis aplikasi Cantas yang akan diguunakan dalam transaksi MLFF. Aplikasi itu akan dikenalkan terlebih dahulu ke masyarakat sebelum diimplementasikan dalam skala penuh.

Aplikasi tersebut nantinya akan dikelola oleh badan usaha pelaksana PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) melalui Keputusan Menteri PUPR No PB02.01-Mn/132. Badan usaha tersebut dinilai telah memiliki pengalaman untuk mengoperasikan sistem MLFF karena telah lebih dulu diterapkan di Hungaria dan Eropa.

Untuk diketahui, RITS telah meneken perjanjian kerja sama dengan pemerintah sejak 15 Maret 2021 dengan masa konsesi yang selama 9 tahun yang terhitung sejak pertama kali beroperasi. Untuk sistem transaksi itu, investasi yang dikucurkan adalah sebesar Rp4,4 triliun.

"Desember sudah bisa download dan registrasi, menjajal, meskipun pelaksanaannyya pada Maret. Setelah Maret sampai akhir 2023 bertahap kita laksanakan di semua ruas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol jagorawi jalan tol Multi Lane Free Flow (MLFF) tarif tol
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top