Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Habiskan Anggaran Rp1,08 Triliun, Begini Hasil Permak TMII

Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah yang menyedot anggaran Rp1,08 triliun.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 September 2022  |  14:24 WIB
Habiskan Anggaran Rp1,08 Triliun, Begini Hasil Permak TMII
Salah satu sudut Taman Mini Indonesia Indah yang telah direvitalisasi - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan penataan dan revitalisasi sarana dan prasarana di Taman Mini Indonesia Indah yang menyedot anggaran Rp1,08 triliun.

Pekerjaan yang telah dimulai sejak Januari 2022 itu terbagi dalam tiga zona yakni zona 1 dengan tema "Indonesia Klasik" dengan pekerjaan penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM.

Pekerjaan di zona 2 dengan tema "Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur" meliputi penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelago.

Sementara itu, zona 3 dengan tema "Indonesia Kini Modern" meliputi pekerjaan penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

Renovasi juga dilakukan pada area museum yang meliputi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Museum Keong Mas. Selain itu, Kementerian PUPR membangun fasilitas viewing tower, Kaca Benggala, dan pembangunan community center.

Penataan archipelago yang menjadi ciri khas TMII juga dilakukan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Pulau-pulau tersebut dilakukan perbaikan dan juga penambahan untuk pulau-pulau yang sebelumnya belum dihadirkan seperti Pulau Miangas, termasuk pemberian tanda Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tmii taman mini indonesia indah revitalisasi Kementerian PUPR Menteri PUPR pupr
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top