Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Revitalisasi TMII Hampir Rampung, Jokowi: Progres 98 Persen

Presiden Jokowi menargetkan proses revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dapat rampung dalam waktu dekat.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  17:23 WIB
Revitalisasi TMII Hampir Rampung, Jokowi: Progres 98 Persen
Presiden Jokowi meninjau progres renovasi TMII, di Jakarta Timur, Selasa (23/8 - 2022) / BPMI Setpres / Muchlis Jr.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proses revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dapat rampung dalam waktu dekat jika melihat progres proyek yang telah mendekati final.

Dalam kunjungannya ke TMII, Presiden Jokowi mengatakan masyarakat akan segera dapat menikmati destinasi wisata di TMII dengan wajah barunya.

"Ini sudah 98 persen sebentar lagi selesai langsung bisa dinikmati masyarakat kembali," ujar Jokowi, Selasa (23/8/2022).

Selain untuk wisatawan lokal, proyek revitalisasi TMII ditujukan untuk menyambut para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan datang ke Indonesia.

Jokowi menyebut Indonesia sebagai tuan rumah akan menunjukkan kepada tamu dari negara-negara G20 tersebut bahwa Indonesia memiliki tempat wisata seperti TMII.

"Kita juga ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki Taman Mini Indonesia Indah," ujarnya.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan anggaran senilai Rp1,13 triliun untuk seluruh proses revitalisasi TMII yang nantinya juga dipersiapkan untuk gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia.

Kendati demikian, Basuki mengungkapkan tujuan utama revitaslisasi salah satu destinasi di Jakarta tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan masyarakat yang berkunjung. Pasalnya, TMII merupakan salah satu aset yang sudah berumur sehingga diperlukan tindakan perawatan.

Adapun, konsep renovasi TMII yakni mengembalikan fungsi TMII sebagai showcase Indonesia, sehingga dalam perencanaan TMII disiapkan berbagai narasi ke-Indonesiaan yang akan menjadi sensasi petualangan baru bagi pengunjung.

Terdapat 4 zona dalam perencanaan TMII yaitu zona Indonesia Klasik, zona Arsitektur Nusantara, zona Indonesia Kini dan zona Jendela Dunia. Pada area depan atau area penerima disiapkan narasi Indonesia Klasik dengan perwujudan bentukan ornamen yang elegan dan geometris serta suasana Kerajaan zaman dahulu sehingga diharapkan pesan penghargaan terhadap sejarah Indonesia dapat tersampaikan kepada pengunjung.

Lingkup pekerjaan pada renovasi TMII di antaranya adalah penataan area gerbang utama, dan renovasi joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno.

Pekerjaan lainnya adalah renovasi museum, penataan lansekap anjungan dan pedestrian, penataan halte, area parkir, dan gedung pengelola, penataan lansekap pulau–pulau di Danau Archipelago, renovasi museum Theatre Garuda, Museum Telkom, dan Keong Mas, penataan lansekap pedestrian anjungan, viewing tower, Kaca Benggala, pembangunan community center dan struktur parkir (elevated).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi tmii taman mini indonesia indah
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top