Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jokowi: Harga Tiket TMII Jangan Mahal-Mahal!

Jokowi mengatakan pemerintah menganggarkan Rp1 triliun lebih untuk revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  14:45 WIB
Jokowi: Harga Tiket TMII Jangan Mahal-Mahal!
Presiden Jokowi meninjau progres renovasi TMII, di Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022) - BPMI Setpres - Muchlis Jr.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) agar tidak mematok tarif yang tinggi kepada masyarakat setelah diselesaikannya revitalisasi tempat yang menjadi salah satu destinasi wisata di Jakarta itu.

Presiden mengatakan TMII merupakan salah satu tempat wisata yang digagas oleh Presiden Soeharto untuk menunjukkan keberagaman dan Kebhinekaan Indonesia. Konsep TMII dinilai tidak dimiliki di negara sehingga akan menjadi daya tarik banyak wisatawan.

"Kita harapkan setelah di renovasi ini TMII menjadi tujuan wisata masyarakat dan turis mancanegara, karena saya pesan juga tarifnya jangan mahal-mahal. Rakyat harus bisa tetap menikmati TMII ini," ujar Jokowi, Selasa (23/8/2022).

Jokowi menjelaskan sejak pertama kali dibangun pada 1975, TMII tidak pernah mendapatkan perbaikan baik dari sisi infrastruktur dan juga anjungan-anjungan yang menjadi ciri khasnya.

Pemerintah telah melakukan renovasi besar-besar yang menghabiskan anggaran Rp1,1 triliun untuk merevitalisasi sejumlah fasilitas. Di samping itu, Jokowi memerintahkan setiap gubernur untuk merenovasi masing-masing anjungannya agar TMII terlihat lebih segar.

Setelah proses renovasi, Jokowi juga berpesan kepada pengelola agar lebih memanfaatkan TMII untuk kegiatan-kegiatan seni dan budaya. Dia meminta agar gelaran-gelaran di TMII harus dilakukan secara jelas dan berkala.

Presiden pun berharap renovasi TMII yang telah mencapai 98 persen tersebut dapat diselesaikan pada akhir tahun 2022 mendatang.

“Ini sudah 98 persen, sebentar lagi selesai langsung bisa dinikmati oleh masyarakat kembali,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa renovasi TMII kali ini mengusung konsep alami seusai dengan arahan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Beberapa anjungan daerah juga akan ditambah menjadi 37 provinsi sesuai dengan jumlah yang ada saat ini.

“Jadi kita kembalikan lebih ke alami konsepnya, Pak Presiden semua mau alami. Jembatan kita pasang, kita tutup dengan batu alam,” ujar Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi tmii taman mini indonesia indah
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top