Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek Kereta Api Layang Medan-Binjai Ditargetkan Rampung 2024

Kemenhub menargetkan proyek Kereta Api Layang Medan-Binjai akan selesai pada 2024.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 25 September 2022  |  17:25 WIB
Proyek Kereta Api Layang Medan-Binjai Ditargetkan Rampung 2024
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau Proyek Kereta Api Layang Medan-Binjai, Sabtu (24/9/2022) - BKIP Kemenhub.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan proyek Kereta Api Layang Medan-Binjai akan selesai pada 2024. Hal itu disampaikan Budi Karya saat meninjau proyek pembangunan jalur kereta layang Medan-Binjai Tahap II, Sabtu (24/9/2022).

"Ditargetkan tahun 2024 proyek KA layang Medan-Binjai dapat diselesaikan," kata Menhub dikutip dari siaran pers, Minggu (25/9/2022).

Saat ini, pembangunan jalur kereta yang sudah tersambung dari Kualanamu ke Medan, akan dilanjutkan dari Medan sampai ke Binjai sepanjang 21,7 Km'sp. Saat ini jalur itu hanya terdiri dari jalur tinggal atau single track.

Dengan adanya pembangunan proyek ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api dari 24 kereta api per hari menjadi 56 kereta api per hari, serta mengurangi kemacetan lintas Medan-Binjai.

Adapun, pada proyek tahap II sepanjang 6,8 Km'sp ini akan dibangun sepanjang 3,3 km layang/elevated track, dan 3,5 Km’sp at grade double track (jalur ganda). Selain itu, akan dibangun dua stasiun yaitu Stasiun Helvetia dan Stasiun Sunggal.

Pembangunan proyek infrastruktur jalur kereta layang Medan–Binjai merupakan salah satu program prioritas Kementerian Perhubungan di 2022 guna mendukung kawasan perkotaan. Proyek tersebut telah dimulai sejak Mei 2022 dan per 22 September 2022 telah berjalan 19,74 persen.

"Kita bangun tidak boleh asal-asalan. Harus delivered atau sampai manfaatnya kepada masyarakat," ujar Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menteri perhubungan kereta api menhub Kemenhub
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top