Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Maskapai Asing Buka Rute di RI, Sandiaga Ingin Kunjungan Wisman Naik

Menparekraf Sandiaga berharap tingkat kunjungan wisman bisa naik usai maskapai asing buka rute di RI.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 September 2022  |  18:10 WIB
Maskapai Asing Buka Rute di RI, Sandiaga Ingin Kunjungan Wisman Naik
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap pembukaan rute internasional yang dilakukan maskapai asing bisa mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke dalam negeri.

Sandiaga menuturkan pada akhir pekan lalu, Malaysia Airlines telah membuka penerbangan dari Pekanbaru ke Kuala Lumpur. Kabar ini, menjadi tonggak pembukaan acara G20 seiring dengan intensnya pembukaan penerbangan langsung.

Tak hanya Malaysia Airlines, lanjut Sandiaga, pemerintah daerah Sulawesi Utara juga menandatangani kesepakatan dengan Jeju Air untuk penerbangan langsung dari Manado ke Korea Selatan. Selain itu, Garuda Indonesia juga memulai penerbangan dari Jepang ke Bali 3 kali seminggu per November 2022.

"Mudah-mudahan dibuka penerbangan langsung ini bukan semuanya jebol ke luar negeri dari masing masing destinasi, tetapi justru malah wisatawan asing ke domestik," ujarnya, Senin (19/9/2022).

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I juga sedang dalam proses menyeleksi slot penerbangan yang diajukan oleh sejumlah maskapai nasional dan internasional ke luar negeri untuk periode akhir tahun atau winter season 2022.

VP Corporate Secretary AP I Rahadian D. Yugisworo menjelaskan untuk saat ini rute tujuan internasional yang menjadi incaran maskapai adalah ke negara Australia, Malaysia, dan Singapura.

Saat ini, AP I sedang dalam proses persetujuan untuk slot untuk periode Winter Season 2022 yang akan dimulai pada akhir Oktober untuk beberapa maskapai nasional dan internasional.

“Dalam upaya untuk meningkatkan pergerakan penerbangan internasional, AP I secara aktif melakukan komunikasi dengan maskapai penerbangan baik nasional maupun maskapai internasional untuk menjajaki potensi reaktivasi rute penerbangan dan pembukaan rute baru ke bandara-bandara terutama jelang penghujung akhir tahun ini,” ujarnya, Senin (12/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan maskapai sandiaga uno menparekraf kemenparekraf
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top