Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jelang Akhir Tahun, Slot Penerbangan ke 3 Negara Ini Jadi Incaran Maskapai

Maskapai penerbangan membidik 3 negara menjadi tujuan incaran untuk liburan akhir tahun
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 13 September 2022  |  01:06 WIB
Jelang Akhir Tahun, Slot Penerbangan ke 3 Negara Ini Jadi Incaran Maskapai
Australia - pegipegi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I sedang dalam proses menyeleksi slot penerbangan yang diajukan oleh sejumlah maskapai nasional dan internasional ke luar negeri untuk periode akhir tahun atau winter season 2022.

VP Corporate Secretary AP I Rahadian D. Yugisworo menjelaskan untuk saat ini rute tujuan internasional yang menjadi incaran maskapai adalah ke negara Australia, Malaysia, dan Singapura.

Saat ini, AP I sedang dalam proses persetujuan untuk slot untuk periode Winter Season 2022 yang akan dimulai pada akhir Oktober untuk beberapa maskapai nasional dan internasional.

“Dalam upaya untuk meningkatkan pergerakan penerbangan internasional, AP I secara aktif melakukan komunikasi dengan maskapai penerbangan baik nasional maupun maskapai internasional untuk menjajaki potensi reaktivasi rute penerbangan dan pembukaan rute baru ke bandara-bandara terutama jelang penghujung akhir tahun ini,” ujarnya, Senin (12/9/2022).

Pada periode Januari-Agustus 2022, paparnya, sebanyak 15.229 pergerakan pesawat udara rute internasional dan 2.351.092 penumpang pesawat udara rute internasional telah dilayani di bandara-bandara AP I. Pada periode yang sama 2021 lalu, AP I melayani sebanyak 3.524 pergerakan pesawat udara rute internasional dan 96.694 pergerakan penumpang rute internasional dilayani di bandara-bandara Angkasa Pura I.

Alhasil, membandingkan dengan periode Januari - Agustus 2021, dalam pergerakan penerbangan internasional di bandara AP I terdapat pertumbuhan pergerakan pesawat udara rute internasional sebesar 332%, serta pertumbuhan pergerakan penumpang rute internasional sebesar 2.331 persen.

“Untuk periode 1 September 2022 hingga 28 September 2022, bandara-bandara Angkasa Pura I telah melayani 1.080 pergerakan pesawat udara rute internasional dan 212.632 pergerakan penumpang rute internasional dari 6 bandara,” imbuhnya.

Sesuai dengan SE No.88/2022 dari Kemenhub tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mulai efektif berlaku per 1 September 2022, terdapat 8 bandara di bawah pengelolaan AP I yang ditetapkan sebagai pintu masuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Delapan bandara tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sentani Jayapura.

Sampai dengan saat ini, dari 8 bandara yang menjadi titik masuk PPLN, ada dua bandara yang belum ada penerbangan rute internasional, yaitu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sentani Jayapura. Koordinasi intensif dengan regulator, tekannya, juga terus dilakukan untuk memastikan terjaganya tren pertumbuhan positif penerbangan internasional di bandara-bandara yang dikelola oleh AP I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan maskapai penerbangan tujuan wisata negara
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top