Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat Dorong UMKM Naik Kelas di Era Digital

Digitalisasi sektor UMKM sangat penting di tengah teknologi tinggi, terutama ketika jumlah UMKM di Indonesia sudah tembuh 62 juta.
Mesin kasir bantu digitallisasi UMKM
Mesin kasir bantu digitallisasi UMKM

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 60% ekonomi Indonesia disokong oleh UMKM.

Di tahun 2022, jumlah pelaku UMKM diperkirakan tembus di angka 62 juta dan akan terus bertambah.

Benny Kuncoro selalu Direktur Codeshop Indonesia mengatakan dengan tingginya jumlah UMKM itu, maka UMKM juga menjadi prioritas dalam digitalisasi ekonomi.

Dia mengatakan digitalisasi memiliki banyak manfaat untuk UMKM. Mulai dari kepraktisan penggunaan, hasil perhitungan yang cepat dan teliti, serta sistem terpadu antar divisi.

Digitalisasi UMKM menawarkan banyak keuntungan berupa efisiennya penggunaan sumber daya dan modal, meminimalisir biaya dan waktu, serta kemudahan dalam pengawasan. Salah satu proses perkembangan UMKM ke era digital adalah dengan penggunaan mesin kasir sebagai system pengelolaan transaksi.

"Berkembangnya Industri dan UMKM mendorong Codeshop Indonesia berupaya untuk menjadi partner terbaik dalam menyediakan perlengkapan mesin kasir," ujarnya.

Sistem alat kasir ini, katanya, dapat menunjang kinerja bisnis yang lebih efektif, menghemat waktu data entry, menutup celah kecurangan hingga meminimalisir kesalahan. Namun sayangnya, tidak semua pemilik bisnis dapat mengindentifikasi kebutuhan tersebut.

Alat kasir selama ini hanya dikenal untuk industri atau perusahaan besar seperti di bidang retail. Pun sebenarnya alat kasir dapat digunakan berbagai jenis/bidang bisnis seperti manufaktur, hospitality, perhotelan dan pariwisata hingga MICE.

Benny menambahkan, merapikan manajerial bisnis secara digital adalah cara terbaik bisnis UMKM bertahan dan tumbuh. Mulai dari arus kas, pengecekan stok barang dan operasional inventaris lainya harus dilakukan secara benar dan ringan.

Pasalnya, UMKM seringkali mengabaikan manajerial seperti ini, sesimpel mencampur adukkan keungan bisnis dan keuangan pribadi.

Untuk UMKM, lanjutnya, alat kasir adalah bentuk investasi otomatisasi proses bisnis secara spesifik. Melalui solusi total yang diberikan, bisnis kecil serta UMKM diharapkan dapat menempuh efisiensi dan efektifitas bisnis dan dapat lebih banyak berfokus pada pengembangan serta pemasaran produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper