Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kadin Indonesia: Investasi China Sejalan Prioritas Pembangunan Ekonomi Nasional

Sebagian besar investasi China di Indonesia sejalan dengan prioritas pemerintah saat ini, yaitu pengembangan industri hilirisasi di Indonesia
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 15 September 2022  |  21:51 WIB
Kadin Indonesia: Investasi China Sejalan Prioritas Pembangunan Ekonomi Nasional
Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok Garibaldi Thohir menyampaikan sambutan dalam Festival Mid-Autumn, Kamis (15/9/2022) - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kadin Indonesia Komite Tiongkok berkomitmen mendorong pelaku bisnis di Indonesia dan Tiongkok untuk terus bersinergi, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran kedua negara.

Selain itu, Kadin Indonesia Komite Tiongkok juga berkomitmen untuk bahu-membahu dengan pemerintah dalam membuka pintu kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia-Tiongkok, sekaligus memastikan para investor dapat menjalankan bisnis dan mendapatkan mitra terbaik. Selain itu, komite juga berupaya  meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok Garibaldi ‘Boy’ Thohir dalam perayaan Festival Mid-Autumn, Kamis (14/9/2022) malam.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta Duta Besar China untuk Indonesia Liu Kang.

Menurut Boy, sebagian besar investasi China di Indonesia sejalan dengan prioritas pemerintah saat ini, yaitu pengembangan industri hilirisasi di Indonesia, yang diharapkan dapat memaksimalkan nilai tambah untuk kepentingan nasional.

Pengembangan industri di Tanah Air diharapkan dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Sama seperti nilai-nilai yang dibawa oleh Festival Mid-autumn, kebersamaan dan harmonilah yang menjadi faktor yang mendorong Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Boy.

Boy melanjutkan Indonesia patut bersyukur bahwa di usia Indonesia yang ke-77 tahun ini, di tengah ekonomi dunia yang sedang bergejolak dengan tantangan krisis kesehatan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih, ditambah dengan meletusnya perang di Ukraina, fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik.

Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi yang positif sebesar 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022, serta neraca perdagangan yang surplus selama 27 bulan berturut-turut. Bahkan, nilai surplus di semester ini mencapai Rp364 triliun.

Indonesia juga dapat mengendalikan inflasi di kisaran 4,9%, jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN di kisaran 7%, dan di bawah inflasi negara-negara maju yang di kisaran 9%.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, dalam sambutan virtualnya, berharap hubungan antara Indonesia dan Tiongkok akan semakin baik ke depannya.

Arsjad mengatakan tantangan yang dihadapi dunia saat ini tidak mudah. Tantangan ini harus dihadapi bersama, dengan mempererat kolaborasi dan kerja sama antara kedua negara.

“Kadin berharap, ke depan Indonesia dan Tiongkok dapat lebih mempererat hubungan selayaknya keluarga dan menyatukan kekuatan dalam menghadapi tantangan yang ada,” ujar Arsjad.

Sementara itu, Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan pemerintah terus mendukung dunia usaha, termasuk pelaku usaha kedua negara, agar dapat menjalankan bisnis dengan baik.

Dengan demikian, terjadi peningkatan perdagangan di antara kedua negara, yang pada ujungnya dapat meningkatkan perekonomian masing-masing negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin kadin indonesia investasi investasi asing investasi china
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top