Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penetapan Pemenang Jalan Tol Akses Patimban Ditentukan Bulan Depan

BPJT telah mendapatkan instruksi dari Menteri PUPR untuk segera menetapkan pemenang lelang ruas Akses Patimban.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 September 2022  |  22:19 WIB
Penetapan Pemenang Jalan Tol Akses Patimban Ditentukan Bulan Depan
Foto udara suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/9/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menetapkan pemenang lelang Jalan Tol Akses Patimban paling lambat 1 bulan-2 bulan ke depan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan pihaknya telah mendapatkan instruksi dari Menteri PUPR untuk segera menetapkan pemenang lelang ruas tersebut.

"Pak Menteri PUPR mendorong untuk penetapan pemenang Akses Patimban dalam sebulan atau dua bulan ke depan," ujarnya usai rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Rabu (14/9/2022).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban menjadi prioritas pemerintah untuk segera dibangun.

Pasalnya, ruas itu akan menjadi penunjang fungsi Pelabuhan Patimban yang menjadi pusat ekspor mobil dari dalam negeri.

Saat ini, lanjut Hedy, Pelabuhan Patimban masih kalah kompetitif jika dibandingkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok yang disebabkan biaya logistik yang tinggi karena masih melalui jalan nasional.

"Kita akan bangun dari Cipali ke Patimban , ini akan ada dukungan pemerintah availability gap fund, itu yang kita sudah secure melalui loan dari JICA," ungkapnya.

Berdasarkan data BPJT Kementerian PUPR, hasil prakualifikasi lelang Akses Patimban telah diikuti konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Nusa Raya Cipta Tbk., PT Subang Sejahtera, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan patimban jalan tol tol BUMN
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top