Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jelajah Pelabuhan 2022: Makassar New Port Targetkan Layani Rute ke Eropa dan Amerika

Makassar New Port (MNP) ditargetkan melayani bongkar muat kapal rute langsung (direct call) internasional hingga ke Eropa dan Amerika.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 13 September 2022  |  16:58 WIB
Jelajah Pelabuhan 2022: Makassar New Port Targetkan Layani Rute ke Eropa dan Amerika
Aktifitas bongkar muat KM Selat Mas di Makassar New Port, Sulawesi Selatan (11/9 - 2022). Bisnis / Adam
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Demi mendongkrak kinerja ekspor, Makassar New Port (MNP) ditargetkan melayani bongkar muat kapal rute langsung (direct call) internasional hingga ke Eropa dan Amerika.

MNP diharapkan bisa mendorong kinerja Terminal Petikemas Makassar (TPM) yang sudah lama beroperasi sebelum MNP. Saat ini, TPM memiliki luas 126.400 meter dan baru melayani rute direct call interasia misalnya ke China.

Selama Januari-Agustus 2022, rata-rata kapasitas pelayanan petikemas TPM tercatat sebesar 24.000 per bulan, dan hanya 2.000 di antaranya yang merupakan direct call internasional.

"Untuk kegiatan ekspor di TPM itu masih ada. Tapi beberapa tujuan ke Eropa dan Amerika itu harus transit dulu ke Surabaya dan Jakarta. Ke depan manajemen kami akan mendorong bagaimana kegiatan direct call ke Eropa dan Amerika akan dilayani kegiatannya di MNP [Makassar New Port]," ujar Terminal Head TPM Muhammad Syukur kepada Tim Jelajah Pelabuhan Bisnis Indonesia, Minggu (11/9/2022).

Selain itu, kedua pelabuhan pun rencananya akan digabungkan. Setelah kedua pelabuhan terintegrasi, kapasitas pelayanan petikemas diprediksi bisa mencapai 3 juta twenty foot equivalent per units (TEUs).

Sekarang, kapasitas TPM tercatat sebesar 700.000 TEUs per tahun, sedangkan MNP mencapai hampir 600.000 TEUs per tahun.

Integrasi kedua pelabuhan, lanjut Syukur, juga akan semakin dipermudah saat Tol Akses Makassar New Port selesai dibangun. Jalan tol sepanjang 3,2 kilometer (km) menuju MNP itu ditargetkan rampung pada 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Pelabuhan 2022 makassar new port ekspor
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top