Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Urgensi Tata Ruang Kota, REI DKI Gandeng UI Buka Program Magister Baru

Bersama Fakultas Teknik UI, DPD REI DKI Jakarta membuka program magister perencanaan wilayah dan kota.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 09 September 2022  |  13:29 WIB
Urgensi Tata Ruang Kota, REI DKI Gandeng UI Buka Program Magister Baru
Ilustrasi maket tata kota - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) resmi menggandeng Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) dalam mengembangkan program profesi baru terkait perencanaan wilayah dan kota.

Program studi tersebut dibuka untuk jenjang magister dan khusus diberikan kepada anggota REI DKI Jakarta. Adapun kolaborasi kedua instansi dan asosiasi ini ditandai lewat penandatanganan Surat Minat Kerja Sama antara DPD REI DKI Jakarta dan Fakultas Teknik UI.

Dekan Fakultas Teknik UI Heri Hermansyah mengatakan kerja sama tersebut dilakukan berdasarkan amanat Undang-Undang terkait profesi keteknikan yang harus memiliki sertifikasi profesi.

"Ditempat kami saat ini sudah dibuka program profesi insinyur dan dengan REI kita bisa membuka program profesi untuk sejumlah calon insinyur dari REI," kata Heri, dikutip dari siaran YouTube DPD REI DKI JAkarta, Jumat (9/9/2022).

Sebelumnya, REI dan Fakultas Teknik UI telah menggelar kerja sama yaitu pelatihan bagi anggota REI dengan melibatkan akademisi, industri, dan pemerintah.

Adapun ruang lingkup kerja sama ke depannya akan mencakup kolaborasi jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek yaitu mengadakan pelatihan bidang realestat yang bertujuan untuk pemahaman tentang bisnis realestat.

Sementara untuk jangka panjang akan mengembangkan program pendidikan yakni membuka kelas program profesi insinyur khusus bagi anggota REI DKI Jakarta dan membuka kelas program studi magister perencanaan wilayah dan kota khusus bagi anggota REI DKI Jakarta.

Heri juga menjelaskan, saat ini Fakultas Teknik UI saat ini memiliki program magister urban planning yang dikembangkan berdasarkan peminatan terkait realestat. Hal tersebut juga membuka peluang untuk kerja sama dalam mengembangkan program ke jenjang degree lainnya.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi awalan untuk bekerja sama lebih lanjut. Dan semoga REI DKI Jakarta selalu menjadi institusi yang unggul dan berdampak," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tata kota pengamat tata kota rei rei dki jakarta universitas indonesia
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top