Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Urgensi Tata Ruang Kota, REI DKI Gandeng UI Buka Program Magister Baru

Bersama Fakultas Teknik UI, DPD REI DKI Jakarta membuka program magister perencanaan wilayah dan kota.
Ilustrasi maket tata kota/Istimewa
Ilustrasi maket tata kota/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) resmi menggandeng Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) dalam mengembangkan program profesi baru terkait perencanaan wilayah dan kota.

Program studi tersebut dibuka untuk jenjang magister dan khusus diberikan kepada anggota REI DKI Jakarta. Adapun kolaborasi kedua instansi dan asosiasi ini ditandai lewat penandatanganan Surat Minat Kerja Sama antara DPD REI DKI Jakarta dan Fakultas Teknik UI.

Dekan Fakultas Teknik UI Heri Hermansyah mengatakan kerja sama tersebut dilakukan berdasarkan amanat Undang-Undang terkait profesi keteknikan yang harus memiliki sertifikasi profesi.

"Ditempat kami saat ini sudah dibuka program profesi insinyur dan dengan REI kita bisa membuka program profesi untuk sejumlah calon insinyur dari REI," kata Heri, dikutip dari siaran YouTube DPD REI DKI JAkarta, Jumat (9/9/2022).

Sebelumnya, REI dan Fakultas Teknik UI telah menggelar kerja sama yaitu pelatihan bagi anggota REI dengan melibatkan akademisi, industri, dan pemerintah.

Adapun ruang lingkup kerja sama ke depannya akan mencakup kolaborasi jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek yaitu mengadakan pelatihan bidang realestat yang bertujuan untuk pemahaman tentang bisnis realestat.

Sementara untuk jangka panjang akan mengembangkan program pendidikan yakni membuka kelas program profesi insinyur khusus bagi anggota REI DKI Jakarta dan membuka kelas program studi magister perencanaan wilayah dan kota khusus bagi anggota REI DKI Jakarta.

Heri juga menjelaskan, saat ini Fakultas Teknik UI saat ini memiliki program magister urban planning yang dikembangkan berdasarkan peminatan terkait realestat. Hal tersebut juga membuka peluang untuk kerja sama dalam mengembangkan program ke jenjang degree lainnya.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi awalan untuk bekerja sama lebih lanjut. Dan semoga REI DKI Jakarta selalu menjadi institusi yang unggul dan berdampak," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper