Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Profil Rishi Sunak dan Liz Truss, Dua Kandidat PM Inggris

Simak Profil dan karir politik dua kandidat utama PM Inggris yang akan menggantikan Boris Johnson, Rishi Sunak dan Liz Truss.
Dua kandidat Perdana Menteri Inggris, Liz Truss dan Rishi Sunak
Dua kandidat Perdana Menteri Inggris, Liz Truss dan Rishi Sunak

Profil Rishi Sunak

Rishi Sunak adalah seorang politikus dari Partai Konservatif yang menjabat sebagai menteri keuangan periode 2020 hingga pengunduran dirinya pada 2022. Saat menjabat, dia menonjol dalam respons keuangan pemerintah terhadap pandemi Covid-19 dan dampak ekonominya.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Ketua Sekretariat Kementerian Keuangan periode 2019 hingga 2020. Sunak pun pernah bertugas di pemerintahan kedua Theresa May sebagai Wakil Sekretaris Parlemen. Ketika Johnson menjadi PM, Sunak diangkat sebagai Kepala Sekretaris Keuangan.

Kehidupan dan Karir Nonpolitik Rishi Sunak

Rishi Sunak lahir pada 12 Mei 1980. Dia lahir di Southampton sebagai keturunan Punjabi. Ayahnya bernama Yashvir Saunk dan ibunya Usha Saunk. Ayahnya lahir dan dibesarkan di Kenya, sedangkan ibunya lahir di Tanzania. Mereka bermigrasi dari Afrika Timur ke Inggris pada 1960-an.

Ayahnya bekerja sebagai seorang dokter umum dan ibunya adalah seorang apoteker. Diketahui, Sunak merupakan anak tertua dari tiga bersaudara.

Untuk pendidikan, Sunak bersekolah di sekolah Stroud. Lalu, dia menyelesaikan Magister Business Administration (MBA) di Stanford University pada 2006.

Ketika menempuh pendidikan di Stanford, Sunak bertemu dengan Akshata Murti lalu mereka menikah dan telah dikaruniai dua putri bernama Anoushka dan Krishna.

Diketahui, Akshata adalah putri miliarder India, N.R. Narayana Murthy dan Sudha Murthy. Dia pun berkarir sebagai perancang busana India yang berbasis di Inggris.

Sebelum menjalani karir politiknya, Sunak bekerja sebagai analis untuk bank investasi Goldman Sachs periode 2001 hingga 2004. Kemudian, dia bekerja untuk perusahaan pengelola dana lindung nilai, Children's Investment Fund Management.

Pada November 2006, dia bergabung dengan mantan koleganya di firma hedge fund baru, Theleme Partners, yang diluncurkan pada Oktober 2010 dengan pengelolaan dana US$700 juta.

Sunak pun juga menjabat sebagai direktur perusahaan investasi Catamaran Ventures, yang dimiliki oleh ayah mertuanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper