Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Dorong Pengembangan UMKM Melalui Wikiwirausaha

Kadin Indonesia mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan plaftorm Wikiwirausaha untuk akses berbagai informasi, pelatihan, hingga perizinan usaha.
Kepala Komite Tetap Kadin Indonesia Nita Kartikasari mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan plaftorm Wikiwirausaha.
Kepala Komite Tetap Kadin Indonesia Nita Kartikasari mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan plaftorm Wikiwirausaha.

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM untuk memanfaatkan plaftorm Wikiwirausaha untuk meningkatkan penjualan melalui informasi yang disediakan.

Kepala Komite Tetap Kadin Indonesia Nita Kartikasari terus mendukung perkembangan UMKM salah satunya dengan menyediakan platform yang dapat diakses oleh semua pelaku usaha.

“Para pengusaha ingin mencari informasi dan berkolaborasi, bagaimana untuk bisa mempertemukan pengusaha dari mulai kecil ke besar dan bagaimana ini bisa dimanfaatkan oleh UMKM indonesia. Itu kenapa kami membuat yang namanya wikiwirausaha.id,” jelasnya dalam webinar UMKM Untuk Indonesia, Jumat (26/8/2022).

Nita menjelaskan, seperti platform Wikipedia, Wikiwirausaha memungkinkan penggunanya untuk mengisi konten yang memperkaya wawasan para pelaku UMKM.

Pelaku usaha juga dapat mengakses berbagai informasi, pelatihan, serta berdiskusi mulai dari literasi keuangan hingga masalah perizinan usaha.

Kadin Indonesia dalam mendukung UMKM bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar di Indonesia untuk membuka jalan bagi UMKM dalam memasarkan produknya.

Bukan hanya mendapat pelatihan dan informasi, Kadin juga menyediakan platform kemitraan di Wikiwirausaha sehingga mempertemukan UMKM dengan perusahaan besar di Indonesia.

Seperti PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) yang membutuhkan jahe dan singkong, dan mencari pemasoknya di Wikiwirausaha. Artinya para pelaku usaha UMKM, dari berbagai sektor salah satunya pertanian dapat menjual produknya ke perusahaan besar seperti SIDO.

“Ini platform direct mempertemukan UMKM dengan perushaaan besar di Indoensia,” lanjutnya.

Selain itu, Nita berharap wikiwirausaha menjadi pusat di mana informasi tentang perizinan bisa didapatkan dengan mudah oleh UMKM.

Melalui Wikiwirausaha, pelaku usaha bisa mendapatkan pelatihan secara gratis yang bekerja sama dengan perushaan besar seperti PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) yang menyediakan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC).

“Kami beruntung SETC mau menjadi bagian dari ruang diskusi kami sehingga mau menjawab pertanyaan diluar diskusi dari UMKM,” ungkapnya.

Nantinya, pelaku UMKM yang menjadi bagian dari Wikiwirausaha akan mendapatkan informasi terbaru bahkan terkait pembiayaan yang akan diinfokan secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper